Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Kecil namun Fatal yang Kerap Dilakukan Wanita saat Mengemudi

Kompas.com - 04/02/2020, 16:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era modern seperti ini sudah banyak wanita yang mengendarai mobil sendiri. Meskipun begitu, ternyata banyak pengemudi wanita yang masih melakukan berbagai kesalahan dijalan.

Cara mengemudi yang sembarangan, atau kurangnya konsentrasi wanita saat mengemudi, menjadi salah satu permasalahan yang sering dilakukan oleh wanita.

Hal ini ternyata disebut wajar, lantaran karakter menyetir kendaraan antara pria dan wanita memang berbeda.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas dengan Pintu Geser Mulai Rp 150 Jutaan

Training Director Safety Defensive Consultant Sonny Susmana mengatakan kebanyakan wanita belum memahami cara mengemudi yang baik dan benar, sehingga sering melakukan kesalahan kecil yang memicu kecelakaan.

“Sering kita temui pengemudi wanita yang pelan-pelan di lajur yang salah, padahal itu sangat berbahaya,” ujar Sony kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (04/02/2020)

Respon yang lebih lambat saat mengemudi juga menyebabkan wanita sering melakukan pergerakan tanpa aba-aba.

“Karena kebanyakan tidak paham akan rute yang akan mereka lalui, biasanya mereka menggunakan GPS. Tidak sedikit yang berbelok tanpa aba-aba, tidak memberi lampu sen sebelumnya,” ujarnya.

Lebih kurang 450.000 kecelakaan di Inggris akibat dari kelalaian pengemudi wanita yang menyetir sembari merias wajah selama perjalanan.DAILY MAIL Lebih kurang 450.000 kecelakaan di Inggris akibat dari kelalaian pengemudi wanita yang menyetir sembari merias wajah selama perjalanan.

Baca juga: Bukan Noda, Ini Makna Bulatan Warna pada Dinding Ban

Kesalahan kecil yang paling sering ditemui lainnya adalah, sering melakukan aktivitas lain sambil menyetir, salah satunya adalah berdandan.

“Spion tengah dominan dipakai untuk berkaca atau dandan, kebanyakan wanita melakukan hal ini ketika sedang berada di tengah kemacetan,” ujar Sonny.

Walaupun tidak semua wanita berkendara secara demikian, namun Sonny menyarankan baik wanita ataupun pria harus memiliki ketahanan dan fokus yang sama saat mengemudi untuk meminimalisir kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com