Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Restorasi, Bengkel Ini Bisa Bikin Aksesori VW Klasik

Kompas.com - 26/01/2020, 13:02 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com- Keberhasilan Yudi Motor Sport (Yumos) Garage menjadi bengkel spesialis restorasi mobil Volkswagen (VW) kelas dunia tidak selalu berjalan mudah. Banyak rintangan yang dihadapi selama menggeluti usaha ini.

Salah satunya, kebutuhan akan detail aksesori menjadi hal yang wajib dipenuhi oleh bengkel milik Wahyu Pamungkas (49) itu.

Padahal, kebanyakan mobil yang direstorasi adalah keluaran tahun lama. Otomatis, aksesorinya pun juga tidak mudah didapatkan.

Pencarian aksesori ini pun juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Belum lagi harga yang ditawarkan biasanya juga tidak murah mengingat onderdil mobil tua.

Yudi begitu ia akrab disapa harus putar otak untuk mendapatkan aksesori dengan mudah. Sehingga, proses pembuatan replika mobil VW bisa berjalan lebih cepat dan tidak terkendala pencarian aksesori.

Kemudian Yumos Garage pun mencoba aksesori dari hasil replika. Tetapi, replika yang dibuatnya tidak bisa sembarangan.

Baca juga: Yumos Garage, Ahli Restorasi VW Kelas Dunia dari Semarang

Yudi harus benar-benar memastikan detail dari setiap bentuk aksesori yang akan dibuatnya.

Sehingga, replika buatannya sama dengan bentuk asli. Dengan begitu, mobil hasil restorasi atau replika buatannya tampak seperti aslinya.

Proses pembuatan replika mobil di bengkel Yumos Garage.yumos garage facebook Proses pembuatan replika mobil di bengkel Yumos Garage.

“Yang susah itu seperti aksesorinya seperti handle pintu, safari window, setir, dan juga aksesori yang lainnya. Kemudian saya membuatnya atau merepronya,” ujar Yudi kepada Kompas.com, Sabtu (25/1/2020).

Yudi mengatakan, untuk merepro setiap aksesori tersebut dirinya harus membeli aksesori yang asli. Setelah itu, barulah dibuat cetakannya agar bisa dilakukan duplikat atau repro.

“Saya harus membeli barang yang original, kemudian saya lakukan repro. Kemudian saya membuatnya dalam jumlah banyak, sehingga untuk aksesori sekarang sudah tidak ada kendala lagi,” kata Yudi.

Baca juga: Dikagumi Pecinta VW di Jerman, Ini Prestasi Yumos Garage

Proses pembuatan replika mobil di bengkel Yumos Garage sepenuhnya dilakukan secara manual atau dengan tenaga manusia. Mulai dari pembentukan bodi, penyambungan, pengelasan, pengecatan sampai dengan finishing.

Maka tidak heran jika proses pembuatan replika satu mobil membutuhkan waktu yang cukup lama. Yudi mengatakan, untuk membuat replika satu mobil memakan waktu hampir satu tahun.

“Sekarang kami tengah membuat Porsche 356 speedster tahun 1957 dengan bahan full aluminium pesanan dari orang Amerika. Kalau untuk proses pembuatan mobil ini diperkirakan memakan waktu 11 bulan,” ucapnya.

replika Porsche 356 garapan Yumos Garage terbuat dari aluminium full.yumos garage facebook replika Porsche 356 garapan Yumos Garage terbuat dari aluminium full.

Meski proses pembuatan lama, para klien Yumos Garage begitu sabar menunggu pesanan replika mobil. Mengingat, hasil replika Yumos begitu detail dan juga sempurna seperti mobil aslinya.

“Yang memesan mobil dari Yumos itu ada banyak dari Eropa dan Asia singapura, jepang. Kalau yang Eropa itu seperti dari Jerman, Belgia, Perancis, Swedia, Switzerland ada juga dari Amerika. Kebanyakan memang replika VW Dakota,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com