Menakar Biaya Restorasi Vespa 2-Tak

Kompas.com - 21/10/2019, 15:02 WIB
Deretan Vespa klasik yang akan direstorasi di Jaduls Scooter Garage. Kompas.com/DonnyDeretan Vespa klasik yang akan direstorasi di Jaduls Scooter Garage.

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter Vespa merupakan motor legendaris yang populasinya di Indonesia cukup banyak. Meski begitu, hanya sedikit di antaranya yang kondisinya seratus persen.

Beberapa Vespa klasik ini masih perlu direstorasi, baik mesinnya maupun bodinya. Muhammad Fathien Naufal, dari Jadul's Scooter, mengatakan, biaya restorasi sebenarnya bervariasi.

Baca juga: Vespa Excel, Kenang-kenangan dari Paspampres untuk Jusuf Kalla

"Tergantung dari bagaimana kondisinya dan produk-produk apa yang mau dipakai," ujar Fathien, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi vespa klasik mash jadi pilihanOtomania/Setyo Adi Ilustrasi vespa klasik mash jadi pilihan

Fathien menambahkan, Vespa yang paling banyak direstorasi belakangan ini adalah produksi tahun-tahun tua, mencakup VBB, VNB, dan Congo. Untuk tahun yang agak muda, Fathien menyebutkan Vespa Super, Sprint, PX, PTS, dan Corsa.

"Untuk perbaikan bodi, biasanya sudah paketan, tidak bisa satu per satu. Mulai dari kerok, las, sampai finishing kena Rp 5 juta. Kalau di kita, pernisnya pakai Sikken dan finishing ceramic nano coating," kata Fathien.

Baca juga: Vespa PX Mesin Listrik, Siap Adu Kebut di Trek Lurus

Fathien menjelaskan, untuk sektor kaki-kaki kisaran restorasinya sebesar Rp 4 jutaan, dengan part semuanya standar.

"Sektor mesin restorasi total, termasuk bubut isapan, dan pergantian seher, ada di kisaran Rp 3,5 jutaan," ujar Fathien.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X