Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

24 Tahun Hadir, Suzuki Baleno Masih Berada di Bawah Jazz dan Yaris

Kompas.com - 17/12/2019, 17:02 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang akhir tahun 2019, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih akan merilis satu lagi produk terbarunya. Redaksi Kompas.com telah menerima info soal peluncuran Baleno terbaru yang meluncur Jumat besok (20/12/2019).

Baleno Hatchback pertama hadir di Indonesia pada ajang GIIAS 2017. Kini memasuki usia dua tahun, Suzuki kembali memberikan penyegaran. Karena di India, Baleno facelift sudah lebih dulu hadir awal 2019.

Namun, jika kita mundur jauh ke belakang. Baleno awalnya merupakan jenis sedan yang meluncur sektiar 1995. Waktu itu Baleno menjadi pesaing Civic Ferio atau Great Corolla.

Baca juga: Tren Hatchback Menurun, Suzuki Masih Yakin dengan Baleno

Suzuki Baleno facelift Suzuki Baleno facelift

Pada 2003, Baleno mendapat penyegaran dengan embel-embel Next-G di belakangnya. Sementara tahun 2008, Suzuki menyematkan nama Neo Baleno yang menjadi saudara satu basis dari Suzuki SX-4.

Kini setelah hampir 24 tahun perjalanan Baleno di Indonesia, Suzuki kembali memberikan penyegaran pada sedan kompak ini.

Ubahannya memang tidak banyak, bisa dibilang hanya minor saja. Paling kentara ada pada desain bumper depan dengan gril motif baru, tambahan DRL, serta pelek baru bernuansa two-tone.

Baca juga: Akhir Pekan Ini, Suzuki Perkenalkan Baleno Hatchback Terbaru

Suzuki Baleno merupakan sebuah sedan saat awla meluncur pada 1995wikipedia.org Suzuki Baleno merupakan sebuah sedan saat awla meluncur pada 1995

Sementara urusan mesin sepertinya masih mengusung dapur pacu sebelumnya, yaitu unit K14B 1.373 cc bertenaga 91 dk dan torsi 130 Nm.

Di Indonesia, Baleno belum mampu berbicara banyak di segmen hatchback. Setidaknya dalam dua tahun belakangan, perolehan penjualannya masih berada di bawah Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Berdasarkan data wholesales Gaikindo, pada sepanjang 2018, Baleno terjual 5.453 unit. Jazz yang memimpin kelas hatchback bisa meraih 14.270 unit saat itu, sedangkan Yaris berada di posisi kedua dengan total 10.005 unit.

Baca juga: Suzuki Siapkan Satu Model Baru, Antara Karimun Wagon R dan Baleno

Perjalanan tim Merapah Trans Sumatera 2019 KOMPAS.com/Roedrick Perjalanan tim Merapah Trans Sumatera 2019

Sementara pada periode Januari-Oktober 2019, urutan hatchback terlaris masih sama dengan tahun sebelumnya. Jazz di peringkat teratas terjual 9.961 unit, Yaris sebanyak 6.612 unit, dan Baleno 4.412 unit.

Meski belum mampu menyamai atau menyusul dua kompetitornya, penyegaran yang dilakukan Suzuki kepada Baleno layak ditunggu. Mungkin pada 2020 mendatang, penetrasinya di segmen hatchback akan makin kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com