Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Moge Wajib Perhatikan Ini Sebelum Parkir di Mal

Kompas.com - 28/11/2019, 08:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Anda yang memiliki sepeda motor dengan kubikasi mesin 250 cc ke atas, barangkali sudah tak asing dengan parkir khusus motor besar alias moge yang terdapat di beberapa mal di DKI Jakarta.

Parkir khusus moge punya keistimewaan, yaitu letaknya yang lebih dekat dengan pintu masuk mal. Hal ini membuat pengunjung tidak perlu jalan lebih jauh, seperti halnya tempat parkir mobil.

Seperti diketahui, parkir motor di beberapa mal umumnya berada di lantai basement atau bagian pojok pusat perbelanjaan. Perbedaan lokasi ini barangkali membuat pengguna motor dengan kubikasi 250 cc ke bawah merasa dibedakan secara status.

Baca juga: Pemprov DKI Sediakan Lahan Parkir Motor bagi Pengunjung Bundaran HI

 

Beberapa mall di Jakarta mulai sediakan parkir khusus moge, alias sepeda motor dengan kapasitas mesin besar.7leopold7.com Beberapa mall di Jakarta mulai sediakan parkir khusus moge, alias sepeda motor dengan kapasitas mesin besar.

Padahal parkir khusus moge disebut tak lebih aman daripada tempat parkir motor biasa. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua Asosiasi Pengelola Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan, saat dihubungi Kompas.com Rabu (27/11/2019)

Dia mengatakan, dulu disebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan menyediakan parkir khusus moge. Namun tempat parkir tersebut belakangan ditutup, dan bagi moge-moge yang datang diarahkan untuk masuk dalam parkir motor biasa.

“Jadi pernah ada kasus kehilangan, soalnya parkir khusus moge itu kan tidak menggunakan scan tiket ya, tapi mungkin tiket biasa saja atau malah tidak pakai sama sekali,” ujarnya.

Baca juga: Harga Parkir Motor di Stasiun Depok Baru Mahal Melebihi di Mal

 

Pengendara sepeda motor mengambil tiket parkir di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (5/12).ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja Pengendara sepeda motor mengambil tiket parkir di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (5/12).

“Terus mereka menghapus parkiran tersebut. Jadi dari segi keamanan sebetulnya parkiran moge tidak lebih aman dari tempat parkir biasa,” kata Ridwan.

Oleh sebab itu, bagi pengguna moge terutama yang parkir di tempat khusus di mal harus ekstra hati-hati, dan tentunya teliti lagi seperti wajib minta tiket parkir resmi, agar terhindar dari hal negatif.

Hal ini pula yang membuat tidak semua mal menyediakan parkir khusus moge. Menurutnya ada atau tidaknya parkir khusus moge, kembali lagi dengan target pasar yang diincar oleh pengelola mal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com