Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Tilang Elektronik di Jalur Busway Diperbanyak

Kompas.com - 09/12/2019, 08:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan memperluas pemanfaatan kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) di berbagai wilayah Ibu Kota.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan, hingga akhir 2019, total kamera ETLE akan menjadi 57 kamera. Jumlah tersebut akan terus bertambah, paling tidak 48 kamera lagi pada 2020.

"Sehingga, secara keseluruhan ada 105 kamera ETLE yang akan dipasang di ruas-ruas jalan yang sudah dikoordinasikan antara Ditlantas Polda Metro Jaya dan Kadishub DKI Jakarta tahun 2020," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (7/12/2019).

Baca juga: Pakai Tilang Elektronik, Bikers Bisa Lebih Tertib Lalu Lintas

Pengendara sepeda motor menerobos masuk ke jalur transjakarta di kawasan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (6/10/2017). Meski sering kali dilakukan razia oleh polisi, sejumlah pengendara sepeda motor masih nekat melakukan pelanggaran dengan menerobos jalur transjakarta.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pengendara sepeda motor menerobos masuk ke jalur transjakarta di kawasan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (6/10/2017). Meski sering kali dilakukan razia oleh polisi, sejumlah pengendara sepeda motor masih nekat melakukan pelanggaran dengan menerobos jalur transjakarta.

Tak sampai di sana, kamera ETLE di jalur transjakarta juga akan diperbanyak jadi 14 titik guna memantau kendaraan yang nekat masuk jalur khusus tersebut.

"Sekarang masih ada dua titik, sebentar lagi (ditambah) 12 titik. ETLE juga akan dikembangkan di jalan-jalan tol, sekarang masih ada dua titik," katanya.

"Tujuan lainnya juga ini untuk membantu mensterilkan jalur transjakarta. Kami berharap masyarakat akan beralih dari yang menggunakan kendaraan pribadi menjadi menggunakan kendaraan umum,” ujar dia.

Baca juga: Tilang Elektronik Berlaku di Jalur Transjakarta

Pengendara sepeda motor menerobos masuk ke jalur Transjakarta di kawasan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (6/10/2017). Meski seringkali dilakukan razia oleh Polisi, sejumlah pengendara sepeda motor masih nekad melakukan pelanggaran dengan menerobos jalur Transjakarta.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pengendara sepeda motor menerobos masuk ke jalur Transjakarta di kawasan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (6/10/2017). Meski seringkali dilakukan razia oleh Polisi, sejumlah pengendara sepeda motor masih nekad melakukan pelanggaran dengan menerobos jalur Transjakarta.

Berdasarkan catatan Ditlantas Polda Metro Jaya, sejak 1 November 2018 hingga November 2019, tercatat 54.074 pelanggar tertangkap kamera ETLE.

Sebanyak 25.459 pelanggar telah melakukan konfirmasi dan pembayaran, sedangkan 28.615 pelanggar lainnya terpaksa dilakukan pemblokiran karena tidak mengurus tilang.

Sejak pertama kali diterapkan, tilang elektronik disebut mampu menurunkan jumlah pelanggar lalu lintas sampai 27 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com