Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu Catat 55 SPK di Astra Auto Fest

Kompas.com - 28/11/2019, 15:52 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama tiga hari gelaran Astra Auto Fest 2019, Astra Isuzu sukses mencetak angka penjualan sebesar Rp 12 miliar dari 55 unit kendaraan yang dijual.

Hal tersebut diklaim sebagai barometer terhadap tingginya antusiasme masyarakat terhadap beragam produk yang disajikan Isuzu selama pameran berlangsung di Astra Biz Center, BSD, Tangerang.

Dari total penjualan Isuzu sebanyak 55 unit, penjualan kendaraan komersial yang paling tinggi yakni 48 unit, sisanya sebesar tujuh unit adalah kendaraan penumpang.

Baca juga: Penjualan Tumbuh Signifikan, Isuzu Indonesia Ingin Jadi Basis Ekspor

"Angka penjualan itu 110 persen dari target yang kami tetapkan untuk pameran ini. Kondisi ini membuktikan produk Isuzu semakin diminati oleh masyarakat," kata Chief Operation Officer (COO) Astra Isuzu Harry Kamora, di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Menurut Harry, Astra Auto Fest 2019 menjadi momentum bagi Isuzu dalam memberikan program penjualan dan layanan purna jual terbaik di akhir tahun kepada pelanggan setia Isuzu.

Pencapaian di pameran itu juga menumbuhkan optimisme menutup tahun ini dengan pencapaian positif.

Isuzu pameran di Astra Bic Center Isuzu pameran di Astra Bic Center

Karena saat pasar otomotif nasional lesu, pangsa pasar beberapa produk Isuzu di segmen komersial justru stabil, bahkan diklaim justru mengalami kenaikan.

Dalam pameran, Isuzu menampilkan sejumlah produk, mulai dari MU-X tipe i-Series, D-Max, Traga, NLR 55 TX, Giga FVM 34 U, serta Isuzu Traga yang ditampilkan dalam bentuk aplikasi Bengkel Isuzu Berjalan.

"Kita tertolong dengan proyek infrastruktur, apalagi Isuzu warnanya kental di kendaraan komersial. Penjualan otomotif nasional turun, dan paling parah dialami segmen kendaraan passenger, turunnya paling dalam. Kalau komersial, di mana Isuzu sangat dominan, tahun ini lumayan bagus, kami menikmati imbas dari banyaknya proyek infrastruktur," ucap Harry.

Baca juga: Melibas Bukit Bersama SUV Bongsor Isuzu, Seberapa Tangguh?

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ritel otomotif nasional sepanjang Januari hingga Oktober 2019 sebanyak 847.164 unit, atau turun 10,4 persen dari periode yang sama di yahun lalu yang sebesar 945.159 unit.

Untuk penjualan ritel Isuzu sendiri, sepanjang Januari hingga Oktober 2019 tercatat 19.937 unit. Angka tersebut hanya turun 0,5 persen dari penjualan ritel di periode yang sama 2018 yang tercatat sebanyak 20.047 unit.

Isuzu mu-X I SeriesKOMPAS.com/Ruly Isuzu mu-X I Series

"Hingga akhir tahun dipastikan ada peningkatan. Apalagi di beberapa varian, terjadi peningkatan tajam, contohnya dari Traga yang naik signifikan sepanjang Januari hingga Oktober 2019 terjual 4.840 unit, naik 160 persen dari sebelumnya," kata Harry.

Saat ini sendiri, Traga yang belum genap berusia dua tahun, sudah meraih pangsa pasar sekitar 17,5 persen, belum lagi Elf (N-Series) yang pangsa pasarnya sudah berada di angka 21,5 persen. Isuzu optimistis pangsa pasar Elf hingga akhir tahun ini bisa ditutup di angka 23 persen.

Sepanjang Januari hingga Oktober 2019, penjualan kendaraan komersial Isuzu yakni N series sebanyak 10.840 unit, lalu Giga (F-Series) 2.589 unit, dan Traga 4.840 unit. Sedangkan kendaraan penumpang, D-Max terjual 267 unit, lalu MU-X sebanyak 250 unit, pikap 512 unit, dan Panther 649 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com