Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual Lebih dari 30 Tahun, Kapan Mitsubishi Segarkan Colt L300?

Kompas.com - 08/11/2019, 17:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMitsubishi L300 salah satu produk yang punya masa hidup atau lifecycle cukup panjang. Tercatat mobil ini pertama diluncurkan pada 1979, artinya sampai saat ini sudah berusia 40 tahun di dunia.

Di Indonesia sendiri, Colt L300 masih dijual sampai sekarang. L300 merupakan kendaraan komersial yang cukup tangguh, terutama berkat mesin diesel 4D56 berkapasitas 2.500 cc yang terkenal kuat dan andal.

Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro, mengatakan bahwa L300 hingga sekarang masih memimpin segmen light commercial vehicle.

Baca juga: Mitsubishi Masih Pelit Kasih Diskon Akhir Tahun

news.u-car.com.tw

“L300 mobil legenda kami 74 persen market share-nya. Itu sudah 30 tahun lebih bertahan, sekarang tinggal di Indonesia dan Filipina saja di dunia,”ucapnya kepada Kompas.com (5/11/2019).

Di beberapa negara dunia, seperti Taiwan, baru-baru ini memperkenalkan generasi baru dari L300 atau Delica.

Berbeda dengan Delica keluaran Jepang yang menggunakan bahasa desain dynamic shield, Delica di Taiwan lebih menyerupai kendaraan niaga seperti halnya L300.

Sama seperti L300 di Indonesia, Delica yang baru saja hadir di sana tersedia dalam dua model, pikap dan van. Secara umum modelnya lebih terlihat modern, namun tetap mempertahankan nuansa klasik.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Cross Menghindari Harga Psikologis Rp 300 Juta

news.u-car.com.tw

Misal dari bodi yang mengotak dan desain dasbor yang begitu sederhana, seperti mengedepankan fungsinya sebagai mobil komersial.

Terlihat juga mobil ini telah dilengkapi sejumlah fitur modern, mulai dari rem ABS, EBD dan BA, Dual Airbags, juga jok ISOFIX.

Tak lupa beberapa fitur Eco Mode, Blind Spot Warning, Early Warning Brake System, Hill Start Assist, serta Vehicle Stability Control. Delica juga memiliki layar MID di tengah panel instrumen yang memberikan banyak informasi mengenaik mobil.

Bicara soal dapur pacu, selain mesin 4D56, Mitsubishi juga menawarkan mesin 4G69 berteknologi MIVEC. Mesin ini sanggup hasilkan tenaga 133 dk dan torsi 200 Nm, serta dilengkapi dengan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Xpander Belum Bisa Jadi Nomor Satu

www.mitsubishi-motors.co.id

Dilansir dari laman U-Car, Delica di Taiwan dijual mulai Rp 325 jutaan sampai Rp 360 jutaan untuk tipe Van, dan mulai Rp 248 jutaan sampai Rp 260 jutaan untuk model sasis dan pikap. Sedangkan di Indonesia, L300 dihargai mulai Rp 181 juta sampai Rp 186 juta untuk model pikap. 

Ketika ditanya soal penyegaran pada L300, Irwan mengaku belum mendapat info tersebut. Namun melihat lifecycle-nya yang begitu lama, ia tak menutup kemungkinan jika mobil komersial itu diperbarui suatu saat nanti.

“Delica yang di Jepang, di sana sudah jadi passenger car bukan commercial vehicle. Kalau yang di Cina atau Taiwan itu seperti L300, masuknya ke commercial vehicle,” katanya.

“Soal penyegaran pengin enggak pengin ya, kan itu untuk komersial. Untuk pemakaian komersial sejauh ini masih bisa diterima konsumen, jadi belum ada rencana sejauh ini,” ujar Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com