Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Fitur Toyota Raize, Serba Canggih

Kompas.com - 05/11/2019, 19:21 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai rumor dan berita yang beredar, Toyota akhirnya resmi merilis Raize di pasar otomotif Jepang.

SUV ringkas ini merupakan produk kembar dari Daihatsu Rocky yang datang menggunakan platfrom Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Dibandingkan Rocky, Raize punya perawakan yang lebih sporty. Visual depannya sudah menunjukan karakter agresif, bahkan fitur-fitur yang dibawa pun cukup lengkap dan mewah.

Salah satu yang diaplikasi oleh Raize adalah fitur smart assist generasi terbaru dengan beberapa tambahan fungsi yang membuatnya seperti seperti mobil mewah.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Toyota Global, ada empat fungsi yang ditonjolkan pada SUV terbaru milik Toyota ini.

Baca juga: Resmi Meluncur, Harga Toyota Raize Mulai Rp 217 Juta

Mulai dari adaptive cruise control, smart panorama parking assist, collision warning function and crash avoidance braking function, serta erroneous start pervention function dengan braking control.

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Untuk adaptive cruise control sudah dilengkapi dengan all speed tracking yang mampu membaca kecepatan mobil di depan.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut, pengendara bisa berkendara tanpa perlu repot menekan pedal gas, saat mobil di depan melakukan pengereman atau mereduksi kecepatan, Raize bisa mengikuti nya.

Fungsi kedua adalah smart panorama parking assist, fitur ini berguna untuk membantuk pengendara saat akan parkir melalui tampilan kamera eagle eyes yang menampilkan kondisi di sekeliling mobil.

Fitur smart assist Toyota Raize Fitur smart assist Toyota Raize

Menariknya, pengendara tak perlu repot mengendalikan kemudi, tinggal mendengar perintah suara dari audio yang menginstruksikan kapan harus mengerem kapan harus menekan pedal gas. Sementara kemudi sudah dikendalikan melalui sistem.

Baca juga: Mulai Rp 226 Juta, Daihatsu Rocky Resmi Dipasarkan di Jepang

Ketiga adalah collision warning function and crash avoidance braking function. Fungsinya lebih untuk untuk memberikan peringatan dan mendeteksi adanya pejalan kaki atau kendaraan lain yang ada di depannya.

Sementara untuk erroneous start prevention function yang telah dilengkapi dengan braking control, memiliki kegunaan untuk mencegah kebiasaan salah dalam menekan pedal ketika parkir. Harusnya melakukan pengereman justruk menekan pedal gas.

Fitur Toyota Raize Fitur Toyota Raize

Beberapa fitur tersebut sebelumnya sudah pernah Kompas.com jajal saat mencoba Daihatsu Tanto di Fuji Speedway, Jepang. Karena beberapa fungsinya memang dengan kei-car Daihatsu tersebut.

Fitur Toyota Raize Fitur Toyota Raize

Sementara untuk deretan fungsi lain yang sudah menjadi standar di smart assist juga tetap digunakan.

Seperti sign recognition function, leading vehicle start notification function, lane departure warning function, blind-spot monitor, corner sensor, dan banyak lainnya.

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com