Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Tokyo Motor Show 2019, di Jepang

Beli Toyota LQ Concept Langsung Dapat Asisten Bernama Yui

Kompas.com - 23/10/2019, 15:22 WIB
Aris F Harvenda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Selain peluncuran produk baru, Tokyo Motor Show (TMS) juga kerap menyajikan teknologi paling gress bidang otomotif. Begitu pula yang dihadirkan Toyota pada TMS 2019 kali ini (24 Oktober - 4 November 2019), di Tokyo, Jepang.

Di antara mobil yang mengisi booth Toyota di TMS 2019, ada mobil mungil dengan nama LQ yang merupakan pengembangan dari Concept-i yang sempat muncul pada 2017 lalu.

"Dulu, kecintaan kita kepada mobil terbentuk karena bisa mengantarkan kita ke tempat jauh dan memulai petualangan baru. Seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih, muncul peluang ikatan khusus antara mobil dan pengemudinya. Tak hanya gaya berkendara dan aktivitas hidup, namun personalisasi pengemudi juga bisa terekam oleh mobil. Sehingga hubungan antara mobil dan penggunanya terjalin harmonis," ujar LQ development leader Daisuke Ido, dalam keterangan resminya.

Interior futuristik Toyota LQtoyota Interior futuristik Toyota LQ

Keunikan dari mobil mini tersebut adalah keberadaan asisten (onboard artificial intelligence agent) bernama Yui. Pengguna bisa menjalin "hubungan" emosional dengan Yui untuk mempermudah saat mengemudikan LQ. Perintah suara jadi penghubung komunikasi pengemudi dengan Yui.

LQ dikembangkan dengan filosofi "Learn, Grow, Love" (belajar, tumbuh, cinta). Interaksi teknologi LQ dan Yui dibangun melalui kemitraan dengan Toyota Research Institue (TRI). Kerjasama tersebut bertujuan untuk menciptakan mobilitas yang unik dan juga membangun chemistry antara mobil dan penggunanya lewat preferensi kebiasaan dan juga rutinitas pengguna saat berkendara.

Dasbor Toyota LQ yang sarat dengan teknologi dan kemudahan untuk pengemuditoyota Dasbor Toyota LQ yang sarat dengan teknologi dan kemudahan untuk pengemudi

Teknologi lain yang ditanamkan pada LQ adalah sistem mengemudi otonom SAE level 4 (standar kendaraan berpenumpang 4-15 orang dengan kecepatan rata-rata saat jalan 16 kpj dan maksimal 40 kpj).

Keberadaan sistem tersebut memudahkan pengemudi karena tidak direpotkan untuk mencari parkir. Intinya pengemudi bisa turun di lokasi tujuan tanpa repot mencari parkir terlebih dahulu. Begitu pula saat hendak pergi, mobil akan menghampiri di lokasi tanpa harus menyambangi lokasi parkir.

Beberapa fitur lain yang terintegrasi di LQ adalah Augmented Reality Head Up Display yang berfungsi membantu mengawasi kondisi lalu lintas di depan.

Teknologi canggih pada Toyota LQ memudahkan pengoperasian hanya dengan perintah suaratoyota Teknologi canggih pada Toyota LQ memudahkan pengoperasian hanya dengan perintah suara

Ada juga AC canggih yang dikembangkan Toyota bersama Aisin. Pendingin kabin tersebut punya tugas tambahan untuk menguraikan ozon menjadi oksigen, yang ada pada kipas radiator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com