Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sewa Mobil Hingga Rp 1 Miliar buat Kawal Pelantikan Jokowi dan Amin

Kompas.com - 18/10/2019, 12:32 WIB
Mela Arnani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Negara menyiapkan 72 unit mobil mewah untuk mengawal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin di Gedung Nusantara MPR RI, Jakarta, 20 Oktober 2019.

Mobil sewaan ini akan digunakan untuk mengangkut para tamu negara menghadiri pelantikan tersebut.

Mengutip situs setkab.go.id, pemerintah menyiapkan 18 mobil yang akan digunakan para tamu negara yang akan menghadiri Upacara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, mengatakan, dari total mobil yang disiapkan, rinciannya adalah Mercedes-Benz S450 11 unit, cadangan 1. Mercedes-Benz E300 13 unit, E250 (4 unit), dan E200 (10 unit),

Baca juga: Lexus Bawa Kembaran Toyota Alphard, Harga Rp 2 Miliar

Mobil yang disiapkan untuk tamu negara dan tamu pendukung acara upacara pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RIsetkab.go.id Mobil yang disiapkan untuk tamu negara dan tamu pendukung acara upacara pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI

Kemudian, kata Heru, juga ada tambahan kendaraan untuk mendukung tamu negara, seperti Toyota Alphard 18 unit, Camry 9 unit, dan Fortuner 27 unit.

Pemilihan mobil-mobil mewah ini, kata Kasetpres, dilakukan karena menyangkut masalah kenyamanan, sehingga seri terbaru. Sebagai tuan rumah, Indonesia harus mampu memberikan yang terbaik kepada tamu kepala negara.

Meskipun berstatus mobil baru, Heru memastikan mobil mewah tersebut tidak dibeli, tetapi hanya disewa harian. Anggaran juga telah disiapkan untuk penyewaan mobil-mobil yang digunakan dalam acara upacara pelantikan tersebut.

"Kurang lebih Rp 1 miliar. Enggak mahal kok, karena kami hanya minta 4 hari ya, kurang lebih Rp 1 miliar," ujar Heru, dikutip dari Setkab.go.id, Jumat (18/10/2019).

Baca juga: Menikmati Kenyamanan Kabin Toyota Camry Hybrid

Toyota Camry Hybrid menjadi yang terboros selama pengunjian, meskpun masih jauh lebih irit ketimbang mobil konvensional, lebih baik dari Avanza.TOYOTA Toyota Camry Hybrid menjadi yang terboros selama pengunjian, meskpun masih jauh lebih irit ketimbang mobil konvensional, lebih baik dari Avanza.

Kemudian, Heru melanjutkan penjelasan, kalau tidak semua mobil ini disewa. Sebagian merupakan milik Sekretariat Negara seperti Mercedes-Benz, sisanya sewa.

Dari data Kasetpres, tamu negara yang akan hadir pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, adalah dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, Vietnam, Myanmar. Kemudian, juga ada Presiden Filipina, Wakil Presiden dari Tiongkok dan Vietnam. Juga ada deputi dari Thailand, utusan Amerika Serikat, dan Laos

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com