Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Masih Butuh Studi Boyong Mobil Listrik ke Indonesia

Kompas.com - 03/09/2019, 16:08 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors akan membawa dua unit mobil listrik yaitu Wuling E100 dan E200 di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, yang dihelat di Balai Kartini, Jakarta, 4-5 September 2019.

Kendati akan tebar pesona di IEMS 2019 Wuling memastikan dua produk itu baru sekadar eksibisi. Wuling belum akan menjualnya secara ritel, kendati Perpres mengenai kendaraan listrik sudah keluar.

Baca juga: Wuling Bawa 2 Mobil Listrik di IEMS 2019

Dian Asmahani, Senior Brand Manager SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors), mengatakan, walaupun Perpes sudah diteken tidak serta merta pabrikan mobil langsung punya cukup waktu untuk menghadirkan mobil listrik.

"Perpres-nya baru diteken, jadi dari kami internal lagi studi untuk Perpres. Setiap mobil di Indonesia perlu riset and studi internal masih mendalam," kata Dian yang ditemui di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Wuling E100KOMPAS.com/Gilang Wuling E100

Dian mengatakan, salah satu studi yang dilakukan yaitu mengenai syarat pengadaan tingkat komponen lokal. Sebab Perprestersebut memicu riset lebih dalam untuk Wuling E100 dan E200, serta listrik lain di Indonesia.

Baca juga: Pameran Mobil Listrik Indonesia Electric Motor Show 2019 Digelar Besok

Disebutkan dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2019 Bab 2 Pasal 8, terkait kandungan komponen lokal. Semua produsen wajib mendorong penggunaan komponen lokal atau tingkat kandungan dalam negeri (TKDN)

Jumlah komponen buatan lokal yang diatur pun tak main-main. Untuk tahap awal, tahun 2019 sampai 2021 minimum TKDN sebesar 35 persen, dan akan terus bertambah hingga 80 persen pada 2030.

"Kita ada time plan waktu riset 2019-2021, khususnya minimal TKDN. Kita manfaatkan waktu yang diberikan oleh pemerintah. Kita belum bisa umumkan hasil risetnya, nanti kalau ada update kita beritahukan," kata Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com