Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Esemka Jadi Mobil Operasional TNI AU | Kustomfest 2019 Berhadiah Motor

Kompas.com - 06/10/2019, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Esemka masih menjadi daya tarik buat masyarakat, salah satunya informasi tentang model Bima yang jadi mobil operasional TNI AU. Kelir bodinya pun diubah dengan balutan warna kuning, beda dengan versi pabrikan yang hanya berwarna putih.

Selain itu, ajang Kustomfest 2019 masih mempertahankan tradisinya, yaitu memberikan hadian utama satu unit sepeda motor Triumph. Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu 5 Oktober 2019:

1. Berkelir Kuning, Esemka Bima Jadi Mobil Operasional TNI AU

Esemka Bima jadi mobil operasional TNI AU- Esemka Bima jadi mobil operasional TNI AU

Salah satu bukti PT Solo Manufaktur Kreasi telah resmi memasarkan Esemka, ditunjukan dari pembelian unit yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkata Udara ( TNI AU).

Bahkan unitnya kini sudah tiba di Terminal Lanud Halim Perdana Kusuma yang seterunya akan didistribuksikan kepada Satuan-satuan Lanud Atang Sendjaja.

Melihat dari penampakannya, khususnya untuk TNI-AU, unit yang dibeli merupakan Esemka Bima 1.3. Jumlahnya sebanyak 35 unit.

Baca juga: Berkelir Kuning, Esemka Bima Jadi Mobil Operasional TNI AU

2. Bayar Rp 60.000, Bawa Pulang Motor Triumph di Kustomfest 2019

Ontoseno, motor lucky draw Kustomfest 2019Kompas.com/Donny Ontoseno, motor lucky draw Kustomfest 2019

Festival kustom kulture Indonesia dengan nama Kustomfest kembali lagi di tahun ini. Memasuki penyelanggaraan yang kedelapan, ajang kontes motor custom ini juga masih menghadirkan lucky draw.

Tak bisa dipungkiri, undian berhadiah Kustomfest 2019 menjadi salah satu yang dinanti oleh para pecinta motor custom. Sebab, motor garapan Retro Classic Cycles ini akan diberikan secara cuma-cuma kepada satu pengunjung yang beruntung.

Motor custom lucky draw Kustomfest kali ini diberi nama Ontoseno. Basisnya sendiri menggunakan Triumph T140 Bonneville 750 yang diubah menjadi bergaya flat track.

Baca juga: Bayar Rp 60.000, Bawa Pulang Motor Triumph di Kustomfest 2019

3. Bukti Harga Mobil Murah Semakin Mahal

Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018

Awal Oktober 2019 ini harga mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car ( LCGC) kembali mengalami kenaikan. Penyesuaian harga itu disebabkan karena faktor meningkatnya pajak bea balik nama (BBN) untuk wilayah DKI Jakarta dari 10 persen menjadi 12,5 persen.

Padahal jika kita mundur ke belakang, saat awal meluncur pada 2013, mobil-mobil LCGC umumnya dibanderol dengan harga terjangkau. Rata-rata dijual di bawah Rp 100 jutaan.

Seperti diketahui, saat itu Kementerian Perindustrian baru saja mengeluarkan aturan tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau ( KBH2).

Baca juga: Bukti Harga Mobil Murah Semakin Mahal

4. Harga SUV Honda dan DFSK Naik di Oktober 2019

DFSK Glory 560 saat dijajal di kawasan Lido, SukabumiDFSk DFSK Glory 560 saat dijajal di kawasan Lido, Sukabumi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com