Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Esemka Garuda 1 yang Siap Meluncur

Kompas.com - 02/10/2019, 11:14 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Esemka Garuda menjadi topik perbincangan hangat setelah akun resmi Instagram @esemka_official mengunggah foto mobil yang akan diluncurkan selanjutnya. Esemka dipastikan segera bersaing di segmen mobil SUV (Sport Utility Vehicle) di pasar otomotif nasional.

Memang belum ada Garuda 1 versi produksi yang diperkenalkan. Selama ini, hanya versi purwarupanya saja yang ditampilkan ke publik. Artinya, masih ada kemungkinan terjadi perubahan.

Baca juga: Esemka Garuda Mulai Unjuk Diri

Namun, dari versi purwarupa ini masyarakat bisa sedikit mendapat gambaran mengenai spesifikasi mobil karya anak bangsa tersebut. Basisnya mengambil dari SUV mewah Volvo XC90 dan kabarnya akan bersaing dengan SUV lainnya, seperti Wuling Almaz, Mazda CX-5, Nissan X-Trail, dan Honda CR-V.

SUV Esemka Garuda 1 mulai menggodar dari sosial media SUV Esemka Garuda 1 mulai menggodar dari sosial media

Dari eksteriornya, Garuda 1 sudah disematkan lampu proyektor dengan grille berwarna hitam. Secara dimensi, menurut tim Kompas.com yang hadir daat peresmian pabrik Esemka di Boyolali, ukurannya tidak jauh berbeda dengan SUV sekelasnya.

Kemungkinan besar jika melihat basisnya, Garuda 1 akan dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 2.000 cc, 4 silinder. Dengan penggerak roda depan, mobil ini kabarnya juga akan menggunakan transmisi 8 percepatan otomatis.

Baca juga: Esemka Garuda 1 Belum Boleh Produksi Massal

Meski demikian, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy  pernah menyebutkan bahwa mobil SUV belum akan diproduksi massal. Sebab, Esemka masih harus mengurus banyak hal lainnya terlebih dulu.

Sayangnya, penampakan bagian dalam atau interiornya belum bisa dilihat. Sebab, tak sedikit juga yang penasaran akan ada fitur apa saja yang disematkan pada Esemka Garuda 1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com