Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalimantan Selatan Siap Gelar Uncle Hard Enduro 2019

Kompas.com - 25/09/2019, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANJAR BARU, KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir ini, ajang balap hard enduro semakin berkembang di Indonesia. Tak sedikit ajang balap yang digelar tiap minggunya. Melihat perkembangan ini, Kalimantan Selatan menggelar Uncle Hard Enduro 2019 di Kiram Park, Banjar.

Waluyo, Ketua Pelaksana Uncle Hard Enduro 2019, mengatakan bahwa Indonesia punya modal potensi komunitas yang besar dan alam yang sangat mendukung untuk hard enduro.

Baca juga: Ducati Multistrada 1200 Enduro Juga Mengaspal di Indonesia

"Kami akan mulai untuk pertama kalinya di Indonesia, event international hard enduro race di Kiram Park," ujar Waluyo, saat konferensi pers Uncle Hard Enduro 2019, di Kiram Park, Selasa (24/9/2019).

Konferensi pers Uncle Hard Enduro 2019 di Kiram Park, Banjar, Kalimantan Selatan.Kompas.com/Donny Konferensi pers Uncle Hard Enduro 2019 di Kiram Park, Banjar, Kalimantan Selatan.

Waluyo menambahkan, Kiram dan Meratus Geopark memiliki menu lengkap kontur perbukitan naik dan turun, batu, sungai, open track speed, rintangan teknis, dan tidak melewati pemukiman warga. Semua hal tersebut yang ia sebut sebagai surga untuk hard enduro.

"Konsep utama Uncle Hard Enduro 2019 adalah sport tourism, di mana di setiap lokasi event ini digelar diharapkan mampu memacu perekonomian daerah melalui olah raga dan pariwisata," kata Waluyo.

Baca juga: Puluhan XDiavel dan Multistrada 1200 Enduro Langsung Terjual

Ajang balap ketahanan menggunakan motor trail ini didukung penuh oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, yang berharap dengan adanya kegiatan ini semoga dunia otomotif juga semakin berkembang.

"Acara ini juga diharapkan bisa mendorong perkembangan ekonomi masyarakat di sekitar, mulai dari bengkel, tempat makan, dan lainnya menjadi hidup. Kita juga ingin Kalimantan Selatan ini jadi semakin dikenal dunia," ujar Sahbirin.

Uncle Hard Enduro 2019 mulai bergulir 22-23 November 2019, dengan tiga kelas yang dilombakan, antara lain South Borneo International, Kiram Knight, dan Kiram Warrior. Total hadiah yang disiapkan mencapai USD 17.500 atau sekitar Rp 260 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com