Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat BMW Kawinkan Motor Retro dan Enduro

Kompas.com - 15/11/2016, 14:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotif – Ketika BMW meluncurkan R nineT pada 2013 silam, dugaan kuat sudah mengemuka, bakal ada derivasi model yang menyertainya. Lepas Scrambler, Racer, dan Pure, kini giliran Urban G/S meluncur. Inilah hasil kawin silang antara model retro dan enduro.

BMW Motorrad meluncurkan model ini di ajang EICMA, Milan, yang baru saja usai Minggu (13/11/2016), terinspirasi dari mdoel konsep Lac Rose yang dipamerkan beberapa kali di ajang yang berbeda selama beberapa bulan belakangan.

Tentu, basisnya adalah R nineT yang kental nuansa retro. BMW lalu memberikan suntikan darah enduro agar motor ini sanggup dibawa di dua alam. Ciri khas paling kentara adalah pemakaian ban pacul, sepatbor menggantung di bawah lampu utama, dan bagian belakang yang tinggi.

Lampu bulatnya dipadu dengan spion yang juga memanjang, plus spidometer yang juga membulat. Garpu depan dibeir protektor karet khas motor retro sekaligus enduro. Pelek jari-jari 19 inci di depan dan 17 inci di belakang.

Urban G/S masih memakai mesin boxer dua silinder 1.170 cc berpendingin udara yang juga dipakai di berbagai model motor BMW. Regulasi emisi Euro4 juga sudah dipenuhi sebagai syarat utama meluncurnya motor di Eropa.

Tangki besi diganti bahan aluminium, begitu juga bagian pengereman yang makin pakem. Lubang knalpot lebih berkelas dan ramping.

Menariknya, BMW membara Urban G/S ini seperti kembali pada 1980-an saat era G/S sesungguhnya lahir. Hal itu dilihat dari tema warna putih-biru-merah yang cukup membangkitkan kenangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com