Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telah Berpulang Tokoh Otomotif Nasional, Begini Karir Gunadi Sindhuwinata

Kompas.com - 03/09/2019, 20:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dunia otomotif Tanah Air berduka setelah kehilangan salah satu putra terbaiknya, Gunadi Sindhuwinata, yang dikabarkan meninggal dunia pada Senin sore (3/9/2019) di RS Mitra Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dalam sebuah laporan tahunan Indomobil Group tahun 2016 disebutkan, sebelum berkarir Gunadi meraih gelar Sarjana Teknik Mesin pada 1982.

Pak Kang begitu almarhum akrab disapa juga menyelesaikan studi Doktoral di bidang Teknologi Energi tahun 1982 di University of Stuttgart, Jerman.

Gunadi lantas memulai perjalanannya di dunia otomotif nasional dengan menjabat Managing Director PT Indomobil Suzuki Internasional sejak tahun 1992.

Karirnya berlanjut sebagai Direktur Utama PT Indomobil Sukses Internasional pada 2002.

Baca juga: Gelagat Indomobil Caplok Kia di Indonesia

Ilustrasi peresmian pabrik Suzuki yang memproduksi Ertiga di IndonesiaKompasOtomotif-Agung Kurniawan Ilustrasi peresmian pabrik Suzuki yang memproduksi Ertiga di Indonesia

Tak hanya piawai dalam urusan memasarkan kendaraan roda empat, Gunadi juga ditunjuk sebagai Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sejak 2007. Paling terakhir, ia menjabat sebagai Board of Commisioners Indomobil Group.

Gunadi juga pernah menjabat sebagai Ketua Komite Tetap KADIN Indonesia untuk peningkatan produktivitas, serta Presiden dari Ikatan Ahli Teknik Otomotif Indonesia.

Pada level Asia, Gunadi juga pernah menjabat sebagai Presiden FAMI (Federation of Asia Motorcycle Industries).

Menurut kabar terakhir, Gunadi yang lahir pada tahun 1947 dan berpulang di usia 72 tahun, saat ini jasadnya telah dibawa ke Rumah Duka Sentosa, Jakarta Pusat.

Selamat jalan Pak Kang Gunadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com