Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapi Rossi, Yamaha Siapkan Motor Baru untuk MotoGP 2020

Kompas.com - 06/08/2019, 08:32 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber MotoGP,gpone

BRNO, KOMPAS.com - Torehan yang buruk selama tiga seri MotoGP musim 2019 (Mugello, Catalunya, Assen) membuat Yamaha memutar strategi ulang. Kedua pebalap andalannya, Valentino Rossi dan Maverick Vinales tidak dapat balapan secara optimal.

Oleh sebab itu, pabrikan garpu tala tersebut akan menyediakan motor baru untuk musim balap tahun depan. Bahkan, motor tersebut yakni YZR-M1 2020, mulai dites oleh Rossi di Sirkuit Brno, Senin (5/8/2019).

"Hal ini pertanda baik karena dalam dua tahun terakhir, Rossi dan Vinales belum dapat mencicipi motor baru sebelum musim berjalan. Hal-hal yang jadi fokusan kami adalah upaya meningkatkan akselerasi karena kami ingin meminimalkan perbedaan dalam top speed," kata Massimo Meregalli, Team Manager Yamaha Factory Racing, dilansir MotoGP.com, Selasa (6/8/2019).

Baca juga: Hasil Klasemen Sementara MotoGP Usai Balapan di GP Ceko

Valentino RossiFoto: Autosport Valentino Rossi

Dikonfirmasi pada kesempatan terpisah, Rossi tidak mengelak tentang hal tersebut. Bahkan dirinya sangat senang bahwa Yamaha mendengarkan kritiknya.

"Akan ada mesin baru untuk musim 2020, dan banyak material lainnya. Masalah terbesar kami tahun ini adalah top speed dan akselerasi. Kami kalah jauh dari pebalap tercepat di trek lurus. Jelas, kami harus memperbaikinya," jelas Rossi.

Selain memikirkan motor baru, pembalap Monster Energy Yamaha itu juga akan mengetes pengembangan motor yang sekarang untuk balapan-balapan selanjutnya.

"Kami akan mencoba berbagai material baru yang akan dipakai di sisa musim ini, seperti pengembangan di bagian elektronik motor. Besok, kita akan lakukan tes ini juga (bersama motor baru untuk musim 2020). Semoga hasilnya maksimal dan kami semakin kompetitif," ujar Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MotoGP,gpone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com