Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai Mitsubishi Outlander PHEV Bertahan 1 Dekade

Kompas.com - 22/07/2019, 16:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Mitsubishi Outlander PHEV resmi meluncur di ajang GIIAS 2019. Mobil hybrid yang punya dua mesin, yaitu pembakaran konvensional (internal combustion engine) dan motor listrik itu dibanderol Rp 1, 289 miliar.

Khusus buat baterai yang merupakan catu daya motor listrik diklaim dapat bertahan dalam jangka 1 dekade alias 10 tahun. Namun, waktu tersebut tidak mutlak, semua balik ke kebiasan penguna dalam merawat baterai.

Baca juga: Janji Renault, Harga MPV Murah Triber Rp 100 Jutaan

Boediarto, Department Head Technical Service Sales and Marketing Division, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan, cara mudah merawat baterai ialah tidak membiasakan menggunakan pengisian cepat atau fast charging.

Detil produk terbaru dari Mitsubishi di GIIAS 2019, Outlander PHEVKompas.com/Setyo Adi Detil produk terbaru dari Mitsubishi di GIIAS 2019, Outlander PHEV

"Analogi baterai mobil seperti baterai HP. Kalau sekarang fast charging, yang biasanya timbul apa? Panas. Sebelumnya dijelaskan umur baterai ini terkait dengan panas, jadi kalau makin sering fast charging kemungkinan umurnya lebih pendek," kata Boediarto saat peluncuran di GIIAS 2019.

Baca juga: Biaya Servis Berkala DFSK Diklaim Terjangkau

Kendati demikian Boediarto mengatakan, tidak perlu kuatir, sebab pada dasarnya baterai merupakan komponen yang lama diganti (slow moving). Biasakan mengisi daya ulang seperti yang disarankan pabrikan.

"Disarankan normal charging seperti di rumah, misalnya dari kosong sampai penuh 100 persen bisa tujuh sampai delapan jam. Tapi kalau pakai mode fast charging maksimal hanya 80 persen, tidak boleh dari itu," kata Boediarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com