Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telisik 4 Fitur Andalan Motor Listrik Viar Q1

Kompas.com - 20/07/2019, 12:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Viar Q1 genarasi baru meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Motor listrik ini mendapat pembaruan dari sisi teknis agar sesuai dipakai di jalan raya.

Marketing Director Kencana Laju Mandiri (KLM) Yucuanto Susetyo, mengatakan, pola rancang bangun Q1 generasi baru didukung fitur multi fungsi untuk menunjang mobilitas kaum milenial yang dinamis.

Baca juga: Toyota Gandeng BYD Bikin Kendaraan Listrik

Viar Q1KOMPAS.com/Gilang Viar Q1

1. Baterai
Viar Q1 kini dibekali dua buah baterai Lithium Ion dengan kapasitas masing-masing sebesar 60V23Ah. Dua baterai ini diklaim mampu memiliki jarak tempuh 120 km atau dua kali lipat dari Viar Q1 edisi pertama.

Untuk penggerak, Viar Q1 menggunakan motor tipe BLDC dari BOSCH yang memiliki keluaran tenaga 800 watt. Membuat skuter listrik rakitan Semarang, Jawa Tengah ini bisa digeber mencapai 60 kpj.

Viar Q1KOMPAS.com/Gilang Viar Q1

2. Mode Berkendara
Viar Q1 memiliki fitur mode berkendara yaitu Standar dan Sport . Fitur ini bisa diaktifkan pada saat kendaran posisi berhenti atau sedang berjalan. Cara mengoperasikannya melalui saklar yang terdapat di atas gas.

Viar Q1KOMPAS.com/Gilang Viar Q1

3. Emergency Thottle Posistion.
Fitur yang berguna jika tuas gas tidak bekerja. Caranya cukup menekan tombol bertanda kunci pas secara terus menerus sebagai penggagti tuas gas.

Disamping saklar Emergency Thottle Posistion terdapat tombol P (parking) sebagai pengaman, dengan menekan tombol P selama 5 detik maka kendaraan siap untuk dioperasikan.

"Ini untuk menjaga agar kendaraan tidak bisa dijalankan sebelum menekan tombol P, inovasi ini hadir untuk menjaga keselamatan, terutama yang baru naik motor listrik," kata Yucuanto di GIIAS 2019.

Baca juga: ES 250, Sedan Mewah Terbaru Lexus Hadir di GIIAS 2019

Viar Q1KOMPAS.com/Gilang Viar Q1

4. Keyless
Viar juga menerapkan fitur Smart Key On untuk mengaktifkan kendaraan melalui remote. Sehingga untuk menjalankan dan mematikan kendaraan tidak memerlukan anak kunci lagi.

"Semua informasi kendaraan yang dibutuhkan bisa dipantau melalui panel layar full digital model negatif sehingga mudah dibaca oleh pengendara dalam berbagai kondisi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com