Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Berkendara dan Fitur All New Mazda3

Kompas.com - 12/07/2019, 16:24 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Mazda3 jadi produk terbaru Mazda yang dibawa ke Indonesia. Baru meluncur resmi pada pameran otomotif pekan depan, Mazda mengajak awak media untuk menjajal sedan dan hatcbacknya ini.

Setelah bahasan tentang interior dan eksterior, bahasan berlanjut ke wilayah performa mesin. Mazda membawa satu varian untuk ditawarkan di Indonesia.

Mesin SKYACTIV-G 2.0 L ini sama dengan model terdahulu, hanya pengaturannya dibuat berbeda untuk mengikuti perubahan pada sasis yang sudah menggunakan Skyativ Vehicle Architecture.

Mesin ini menghasilkan tenaga 153 tk pada 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.000 rpm dengan penggunaan transmisi otomatis enam percepatan.

Selama pengendaraan kedua model ini, terdapat perbedaan. Sedan yang lebih elegan dibuat tidak meledak-ledak tenaganya di putaran awal meski jika ingin tampil lebih bertenaga, cukup menekan pedal gas lebih dalam maka karakter sporty akan terganti dengan cepat.

Untuk hatchback, karakternya sudah meledak sejak awal pedal gas diinjak. Tenaga mengisi sejak putaran awal ditambah dengan kehadiran paddle shift membuat mobil ini lebih menyenangkan untuk diajak berkendara agresif.

Namun catatan diberikan pada transmisi enam percepatan. Meski termasuk mulus untuk penggantian antar gigi, namun waktu pergantiannya terasa masih belum cukup cepat. 

Media test drive All New Mazda3Kompas.com Media test drive All New Mazda3

Mazda menyediakan mode sport yang dapat diaktifkan melalui tombol di samping tuas transmisi. Tombol ini membuat perpindahan antar gigi lebih rapat untuk merasakan tenaga yang lebih cepat.

Sistem pengereman hadir dari cakram berventilasi di depan dan cakram di belakang. Kehadirannya melengkapi beragam fitur keselamatan seperti ABS, EBD, EBA dan hill launch assist.

Untuk kenyamanan, suspensi baik model sedan dan hatchback menggunakan suspensi MacPherson strut with coil spring dan bagian belakang menggunakan rack and pinion column.

Meski sama, keduanya berbeda rasa di masing-masing model. Untuk sedan diatur lebih nyaman sedangkan untuk hatchback terasa lebih kaku untuk feeling berkendara sport.

Tes drive Mazda3 sedan dan hatchbackEMI Tes drive Mazda3 sedan dan hatchback

Fitur

Mazda memberikan segudang fitur pada Mazda3 terbaru. Beberapa yang menarik dan dirasakan selama test drive singkat lalu akan coba digambarkan di sini.

Mazda Radar Cruise Control  (MRCC) adalah sistem cruise control yang dapat menentukan jarak dengan kendaraan lain, mulai dari jarak 30 meter ke depan. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol di lingkar kemudi sebelah kanan saat berada di jalan tol.

Fitur ini akan melakukan perlambatan dengan sendirinya dan menjaga jarak sesuai yang ditentukan untuk keamanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com