Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sensasi Berkendara dan Fitur All New Mazda3

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Mazda3 jadi produk terbaru Mazda yang dibawa ke Indonesia. Baru meluncur resmi pada pameran otomotif pekan depan, Mazda mengajak awak media untuk menjajal sedan dan hatcbacknya ini.

Setelah bahasan tentang interior dan eksterior, bahasan berlanjut ke wilayah performa mesin. Mazda membawa satu varian untuk ditawarkan di Indonesia.

Mesin SKYACTIV-G 2.0 L ini sama dengan model terdahulu, hanya pengaturannya dibuat berbeda untuk mengikuti perubahan pada sasis yang sudah menggunakan Skyativ Vehicle Architecture.

Mesin ini menghasilkan tenaga 153 tk pada 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.000 rpm dengan penggunaan transmisi otomatis enam percepatan.

Selama pengendaraan kedua model ini, terdapat perbedaan. Sedan yang lebih elegan dibuat tidak meledak-ledak tenaganya di putaran awal meski jika ingin tampil lebih bertenaga, cukup menekan pedal gas lebih dalam maka karakter sporty akan terganti dengan cepat.

Untuk hatchback, karakternya sudah meledak sejak awal pedal gas diinjak. Tenaga mengisi sejak putaran awal ditambah dengan kehadiran paddle shift membuat mobil ini lebih menyenangkan untuk diajak berkendara agresif.

Namun catatan diberikan pada transmisi enam percepatan. Meski termasuk mulus untuk penggantian antar gigi, namun waktu pergantiannya terasa masih belum cukup cepat. 

Mazda menyediakan mode sport yang dapat diaktifkan melalui tombol di samping tuas transmisi. Tombol ini membuat perpindahan antar gigi lebih rapat untuk merasakan tenaga yang lebih cepat.

Sistem pengereman hadir dari cakram berventilasi di depan dan cakram di belakang. Kehadirannya melengkapi beragam fitur keselamatan seperti ABS, EBD, EBA dan hill launch assist.

Untuk kenyamanan, suspensi baik model sedan dan hatchback menggunakan suspensi MacPherson strut with coil spring dan bagian belakang menggunakan rack and pinion column.

Meski sama, keduanya berbeda rasa di masing-masing model. Untuk sedan diatur lebih nyaman sedangkan untuk hatchback terasa lebih kaku untuk feeling berkendara sport.

Fitur

Mazda memberikan segudang fitur pada Mazda3 terbaru. Beberapa yang menarik dan dirasakan selama test drive singkat lalu akan coba digambarkan di sini.

Mazda Radar Cruise Control  (MRCC) adalah sistem cruise control yang dapat menentukan jarak dengan kendaraan lain, mulai dari jarak 30 meter ke depan. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol di lingkar kemudi sebelah kanan saat berada di jalan tol.

Fitur ini akan melakukan perlambatan dengan sendirinya dan menjaga jarak sesuai yang ditentukan untuk keamanan.

Seluruh sensor akan membaca lingkungan sekitar kendaraan termasuk Lane Departure Warning (LDW) dan Lane keep Assist System (LAS) yang memberikan peringatan ketika mobil mendekati garis jalan seperti hendak berganti jalur.

Fitur Smart Brake Support akan jadi jika sensor di mobil mendeteksi halangan yang mendekat yang akan memberikan peringatan sebelum mengaktifkan pengereman.

Ini juga berlaku pada fitur Forward Obstruction Warning (FOW) yang memberikan peringatan berupa suara dan warna di Head up Display (HUD) pengemudi untuk melakukan pengereman.

Fitur High Beam Control System (HBC) membuat penggunaan lampu jauh dilakukan seefektif mungkin. Saat berkendara di jalan gelap, lampu jauh akan otomatis menyala dan akan mati dengan sendirinya bila mendeteksi ada kendaraan lain mendekat dari arah berlawanan.

Kesimpulan

Mazda membawa perubahan yang lengkap pada model Mazda3 miliknya. Desain yang menarik dengan fitur yang menyerupai mobil kelas Eropa jelas jadi daya tarik tersendiri bagi penggemar Mazda dan calon konsumen baru.

Mazda sendiri sudah mengakui dirinya berada di kelas yang berbeda dengan pabrikan Jepang lain. Utamanya, mereka mengincar konsumen yang sudah pernah merasakan produk Eropa dan bukan pemilik mobil pertama.

Sekarang, tinggal harga yang dipasangkan untuk kedua model ini. Model Mazda3 sebelumnya sudah menyentuh angka Rp 400 juta-an, dengan pembaruan ini bisa jadi harga terbarunya akan menyentuh Rp 500 juta-an. Kita tunggu saja peluncuran resminya di GIIAS 2019.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/12/162400315/sensasi-berkendara-dan-fitur-all-new-mazda3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke