Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Kondisi Mobil Sebelum Mulai Perjalanan Balik Lebaran

Kompas.com - 09/06/2019, 09:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan ini akan menjadi puncak dari arus balik Lebaran 2019. Diperkirakan ribuan unit mobil kembali lagi memasuki wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, karena pada Senin (10/6/2019) mulai banyak yang sudah masuk kerja.

Sebelum berangkat, ada baiknya pemilik mobil memeriksa kondisi mobil terlebih dahulu. Persiapan yang dilakukan sama persis sebelum perjalanan ketika melakukan perjalanan mudik.

"Persiapannya sama dan ini dapat dilakukan secara cepat sebelum berangkat kembali ke Jakarta. Terpenting adalah pemeriksaan cairan di mobil," ucap Kepala bengkel siaga Wuling KM 57, Tekun Budianto saat ditemui Kompas.com, Jumat (7/6/2019).

Tekun mengatakan, pemeriksaan cairan ini dapat dilakukan pemilik mobil dengan memperhatikan seksama. Pertama adalah oli mesin, pengecekan dapat dilakukan dengan menarik tuas dip yang terdapat di mesin.

Baca juga: Penerapan One Way Arus Balik Hari Pertama Mundur Dua Jam

Cairan lain seperti air radiator yang biasanya terdapat di bagian depan kompartemen mesin. Air wiper, air aki, oli transmisi, oli power steering, minyak rem dan minyak kopling juga harus sesuai takaran dan anjuran pabrikan.

"Pemeriksaan ini hanya memakan waktu paling lama 30 menit. Jika semua cairan ini tidak bermasalah, perjalanan sudah 50 persen aman. Sisanya adalah mematuhi peraturan lalu lintas dan berkendara dengan menerapkan teknik safety driving," ucap Tekun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com