Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saling Bersinergi Ciptakan Arus Balik Lebaran yang Aman

Kompas.com - 07/06/2019, 19:17 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh pemangku kepentingan dilibatkan untuk menciptakan keselamatan dan kenyamanan saat musim mudik dan arus balik Lebaran 2019. Tujuan utama, guna menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana, Dirkamsel Korlantas Polri menjelaskan terdapat beberapa hal yang harus dilakukan guna mewujudkan mudik menyenangkan. Sebagai contoh, membudayakan para petugas maupun masyarakat menggunakan peta digital sebagai acuan atau setidaknya sebagai petunjuk awal.

"Tahap awal untuk membudayakan penggunaan peta digital bisa memanfaatkan aplikasi google map yang murah cepat dan semua bisa mengimplementasikan," ujar Chryshnanda dalam siaran resmi, Jumat (7/6/2019).

Baca juga: Arus Mudik ke Jawa Tengah Masih Ramai

Jenderal bintang satu ini menambahkan, dalam prakteknya petugas lapangan juga mengecek hasil pantauan apakah sama atau tidak yang diinfokan oleh peta digital.

Apabila berwarna merah pekat segera dicairkan. Intinya petugas polisi lalu lintas dapat dianalogikan dokter jantung mengobati sumbatan yang tergambar pada hasil MRI.

Bukan hanya itu, pihak kepolisian khususnya Korlantas membuat hasil analisa atas pelayanan mudik lebaran. Dilanjutkan dengan membangun intan alias intellegence traffic analysis sebagai dasar modernisasi polantas.

"Langkah selanjut meningkatkan kemitraan dengan pemangku kepentingan lainya dalam memberikan pelayanan yang prima. Daerah-daerah wisata lainya yang secara geografis harus ada rekayasa jalan atau dibangun jalur yang memenuhi standar road safety dapat direncanakan pembangunannya solusi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com