Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut "One Way" Saat Arus Balik, Ini Pesan Kakorlantas

Kompas.com - 08/06/2019, 12:01 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepadatan arus balik Lebaran sudah mulai terasa sejak hari pertama diberlakukannya one way. Seperti diketahui, sistem satu arah ini dibuka dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung pada Km 414 hingga GT Cikampek Utama atau Km 70.

Mengingat panjangnya penerapan one way yang mencapai 344 km dan tingginya arus balik dibandingkan arus mudik, Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas Polri) Irjen Pol Refdi Andri, mengimbau masyarakat untuk selalau mementingkan keselamatan dalam berkendara.

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan berjalan dengan lancar. Pemberlakuan one way ini sudah didukung mitra terkait, baik berkaitan dengan hari, tanggal, dan jam. Namun jam bukan harga mati, kita akan lihat bagaimana volume kendaraan dan saran kewilayahan," ucap Refdi dalam keterangan resminya, Jumat (7/6/2019).

Baca juga: Sinergi Berbagai Pihak, Tekan Angka Kecelakaan Mudik

Refdi menjelaskan bila penerapan one way akan dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi lalu lintas. Bila terjadi kepadatan yang cukup panjang, maka waktu pemberlakuannya bisa dilakukan lebih lama dari yang sebelumnya telah ditentukan, yakni pada pukul 24.00 WIB.

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati gerbang tol palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati gerbang tol palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).
"Kita akan lanjutkan sampai besok pagi jika volume kendaraan terus meningkat pada malam hari. Akan kita lakukan selama orientasinya untuk masyarakat, khususnya untuk pengendara yang melakukan arus balik," kata Refdi.

Guna menjaga kenyamanan dan kelancaran selama one way arus balik, Refdi berpesan tiga hal bagi masyarakat. Pertama untuk tidak terlalu lama berada di rest area, kedua bila terjadi masalah seperti pecah ban atau mogok untuk segera menghubungi call center, dan yang terakhir masyarkat diimbau untuk memperhatikan ketersediaan saldo kartu elektroniknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com