Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, "Contraflow" di Cikampek Minim Penerangan

Kompas.com - 02/06/2019, 10:36 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CIKAMPEK, KOMPAS.com - Perjalanan mudik Lebaran tahun ini diklaim cenderung lebih lancar. Kondisi ini dikarenakan adanya beberapa skenariao rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh kopilisian, seperti contraflow dan one way.

Namun demikian, para pemudik wajib berhati-hati, karena di balik diskresi lalu lintas yang dilakukan kepolisian tersembunyi bahaya laten yang perlu diwaspadai. Salah satunya titik-titik lokasi penerapan rekayasa lalu lintas tersebut.

Contohnya saat tim Merapah Trans Jawa 4.0 melintasi ruas tol Cikampek yang jadi area diskresi contrflow sebelum bersambung ke one way jelang malam hari. Pemudik harus ekstra hati-hati.

Baca juga: Impresi Toyota Rush Lintasi 1.100 Km Tol Trans Jawa

Pasalnya, meski ada petugas namun titik lokasinya sangat minim penerangan, sementara itu laju kendaraan dari arah berlawanan (Jakarta) cukup tinggi meninggat kondisi jalan yang lenggang. Bila sampai ada pengemudi yang hilang konsentrasi, tentu hal ini akan sangat berbahaya.

Berkendara malam hari di Trans Jawa Berkendara malam hari di Trans Jawa

Ketika mengkonfirmasikan soal minimnya penerangan pada lokasinya titik contraflow tersebut, Corporate Communication Departement Head Jasa Marga Irra Susiyanti, hanya menjelaskan bila hal tersebut merupakan wewenang dari kepolisian.

"Contraflow ataupun one way merupakan diskresi kepolisian dan sangat situasional. Kalau melihat jadwal arus mudik sampai dengan jam 21.00 WIB.

Tapi sejak berjalan dari 30 Mei kemarin, pemberlakuannya sangat variatif, baik untuk buka dan tutupnya," kata Irra kepada Kompas.com, Sabtu (1/6/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com