Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Alternatif Mengirim Roda Dua Sambut Lebaran

Kompas.com - 09/05/2019, 17:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen mudik jadi peristiwa yang ditunggu masyarakat perkotaan, tidak terkecuali Jakarta. Masyarakat memiliki banyak alternatif untuk membawa mereka kembali ke kampung halaman.

Salah satunya jasa pengiriman sepeda motor. Jasa ini banyak digunakan karena kebutuhan transportasi di kampung halaman serta kesadaran bahwa berkendara saat musim mudik bisa jadi berbahaya. 

Dari pantauan Kompas.com, sejak awal puasa, jasa pengiriman ini sudah mulai mengirimkan beberapa sepeda motor ke berbagai kota.

“Paling banyak Jawa Tengah, seperti ke Semarang, Solo, Yogyakarta. Juga ada ke Jawa Timur, ke Surabaya dan Malang,” ucap petugas layanan pengiriman KA Log Manggarai, Taufik yang ditemui Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurut Taufik untuk tahun ini perkiraan puncak pengiriman sepeda motor sekitar H-10 atau dua minggu sebelum Lebaran. Ini berkaca pada tren tahun lalu di mana masyarakat masih menggunakan sepeda motor tersebut untuk beraktivitas di Jakarta.

Namun Taufik menyarankan agar masyarakat yang ingin mengirimkan sepeda motornya jauh hari sebelum waktu puncak. Ini karena layanan kereta api akan mendahulukan kereta penumpang yang mengangkut masyarakat mudik.

“Kalau bisa secepatnya karena pasti akan menumpuk. Biasanya waktu pengiriman paling lama dua hari, selama Lebaran mungkin bisa tiga hari karena kesibukan pengiriman paket barang juga,” ucap Taufik.

Baca juga: Persiapan Lebaran, Berikut Harga Motor Sport 150 cc Bulan Ini

Pemerintahan Kota (Pemkot) Bekasi memberangkatkan 12 bus mudik gratis dari Pemkot untuk warga Kota Bekasi di Bekasi, Senin (19/6/2017). KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Pemerintahan Kota (Pemkot) Bekasi memberangkatkan 12 bus mudik gratis dari Pemkot untuk warga Kota Bekasi di Bekasi, Senin (19/6/2017).

Alternatif Lain

Selama masa mudik beberapa pihak juga menyediakan jasa mudik gratis dengan mengirimkan sepeda motor dan membawa konsumen kembali ke kampung halaman. Salah satunya Honda yang menyediakan program mudik yang akan diberangkatkan pada Rabu, 29 Mei mendatang.

Persyaratannya cukup menyertakan STNK, SIM C, KTP asli dan fotokopi, kondisi motor harus standar tanpa modifikasi dan dalam kondisi prima, memakai helm SNI. Motor akan diangkut menggunakan truk dan diasuransikan selama pengangkutan ke kota tujuan dan pemilik motor akan menggunakan bus AC.

Pihak lain yang menyediakan mudik gratis dan pengiriman sepeda motor adalah mudik gratis bersama 23 BUMN. Moda transportasi yang dapat dipilih antara lain kereta api, bus dan kapal laut ke berbagai kota di Indonesia. 

Caranya, cukup mengakses web mudikbumn.co.id dan melakukan pendaftaran di web tersebut dengan mencari BUMN yang menyediakan rute menuju kota tujuan. Syaratnya berbeda setiap BUMN, salah satunya adalah satu orang peserta beserta keluarga yang tercantum dalam satu kartu keluarga (KK) dan membawa dokumen KTP dan KK tersebut saat verifvikasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com