Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tesla Model X Rawan Terbakar, Bluebird Jamin Perawatan

Kompas.com - 24/04/2019, 10:46 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik Tesla Model X 75D akhirnya digunakan Bluebird untuk armada taksinya. Namun bagaimana dengan keamanan mobil listrik asal Amerika Serikat tersebut?

Pertanyaan ini dilontarkan karena Model X sempat dikabarkan terbakar tanpa sebab. Kasus yang tercatat di 2019 lalu saat berada di garasi rumah di Pittsburg, Amerika Serikat.

Direktur PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono mengungkapkan pihaknya tidak mengetahui penyebab kasus di Amerika tersebut. Namun pihaknya yakin memiliki kompetensi untuk melakukan perawatan pada model Tesla yang mereka pilih ini.

“Salah satu alasan kenapa kita cukup percaya diri dan komitmen adalah karena kami yakin memiliki kompetensi untuk melakukan perawatan pada kendaraan tersebut,” ucap Adri saat ditemui Senin (22/4/2019).

Baca juga: Pakai Taksi Listrik, Tidak Perlu Takut Mogok di Jalan

Adri menjelaskan, pada dipo Bluebird terdapat fasilitas dan mekanik khusus untuk mobil listrik. Pihaknya telah melatih para mekanik untuk dapat memperbaiki sesuai standar yang ada di Bluebird sebelum digunakan.

“Stasiun pengisian daya listrik juga ada di sini untuk dapat diawasi secara langsung dan memastikan sesuai aspek keamanan dan keselamatan,” ucap Adri.

Tahap awal ini Bluebird menyediakan 25 unit BYD e6 untuk layanan reguler dan lima unit Tesla Model X 75 D untuk layanan premium Silver Bird. Tarif penggunaan taksi listrik ini tidak berbeda dengan taksi bermesin bensin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com