Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debut Mobil Listrik Honda X-NV

Kompas.com - 19/04/2019, 16:24 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda telah mengumumkan akan berakselerasi menggarap pasar kendaraan listrik dalam beberapa waktu ke depan. Rencana ini sepertinya dapat segera terealisasi dengan sasaran pasar otomotif China yang menjadi pasar menjanjikan kendaraan listrik.

Untuk itu Honda pada ajang Shanghai Auto Show 2019 memperkenalkan mobil listrik Honda X-NV. Mobil listrik ini bahkan sudah dapat dibeli konsumen negeri Tirai Bambu pada semester kedua tahun ini. Sayangnya belum ada spesifikasi mengenai produk ini.

Terealisasinya produk listrik Honda ini menjawab pertanyaan banyak pihak mengingat Honda belum banyak menghadirkan produk kendaraan listrik. Produk X-NV adalah hasil kerjasama Honda China Technology Co. Ltd dengan Dongfeng Honda.

Dongfeng Honda sendiri merupakan salah satu anak perusahaan dari Dongfeng Motor Grup, perusahaan otomotif raksasa dari Wuhan, China yang juga memiliki beberapa kerja sama dengan merek lain seperti Dongfeng Renault, Dongfeng Peugeot-Citroen, FAW Group, dan SAIC Motor. Dongfeng merupakan produsen otomotif terbesar kedua di China yang pada 2014 lalu memproduksi 3,5 juta kendaraan.

Baca juga: Versi Listrik Toyota C-HR Meluncur di China

Dalam kesempatan tersebut, Honda juga memperkenalkan Odyssey Hybrid yang diproduksi oleh GAC Honda. Mobil ini akan dipasarkan pada April 2019.

Honda telah mengumumkan visinya mengenai pasar mobil listrik di China dengan menghadirkan 20 model mobil listrik hingga tahun 2025. Sebelumnya bersama dengan GAC

Honda telah memperkenalkan mobil listrik Honda Everus VE-1 yang khusus dibuat untuk pasar China.Pada 2020 mendatang, model plug in hybrid akan diperkenalkan untuk meramaikan pilihan konsumen.

Selain produk di atas, Honda juga memperkenalkan motor Honda V-Go dan skuter listrik Transcooter. Ke depannya Honda akan terus memperkenalkan berbagai alat mobilitas berbasis listrik. Pertanyaannya, apakah akan tiba di Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com