Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Tikungan Perbukitan Kebun Teh Bersama Mini

Kompas.com - 16/03/2019, 16:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peluncuran Mini 3-Door Black Edition dan pembukaan gerai lifestyle Mini Maxindo di Bandung, Jawa Barat, pekan lalu, juga sekaligus memberikan kesempatan bagi beberapa media merasakan sensasi berkendara beberapa tipe mobil ikonik asal Inggris ini.

Mini Indonesia menyediakan tiga tipe dalam kegiatan Mini Driving Experience kemarin, mulai dari New Mini Cooper S 3-Door, Mini Cooper Cabrio, dan Mini Cooper S Countryman Sport CKD. Menyesuaikan dengan sensasi berkendara ala gokart, tema yang dipilih pun juga selaras, yakni Explore More Corners.

Pemilihan rute lokasi juga tak luput dengan jalan berkelok. Bersama tiga varian Mini tadi, para media diajak merasakan sensasi handling sekaligus bertamasya merasakan kesegaran dan mengejar matahari terbit di Cukul Sunrise Point yang berada di perbukitan kebun teh Pangalengan, Bandung Selatan.

Baca juga: Mini 3-Door Jadi Model Terlaris di Indonesia

Mini Driving Experience, Pangalengan, Bandung. Mini Driving Experience, Pangalengan, Bandung.

Menjajal Mini Cooper Cabrio meliuk-liuk di rute berkelok dan menanjak, memang menawarkan sensasi yang berbeda. Dengan dimensi yang mungil, serta sistem pengendalian ala "Go-kart feeling", membuat Mini Cabrio terasa lincah menaklukkan medan di ruas jalan yang tidak seberapa besar itu.

Selain karena dimensi, karakter handling yang terbilang cukup baik ini tak lepas dari setting-an suspensinya yang dibuat lebih keras. Akibatnya memang sedikit mengorbankan kenyamanan, apalagi saat menemui kontur jalan yang tidak rata, dengan profil ban yang tidak terlalu tebal, bisa dipastikan kerasnya suspensi akan makin terasa.

Tapi memang bila melihat secara fungsi, model Cabrio sendiri tidak terlalu cocok untuk digunakan medan yang tak mulus. Bila ingin merasakan kenyamanan yang lebih baik, pilihan jatuh pada model Countryman dengan ukuran yang sedikit lebih besar dan cocok menjadi kendaraan keluarga kecil yang stylish.

Mini Driving Experience Mini Driving Experience

Sebelumnya saat masih mengendarai di kawasan perkotaan, Mini Cabrio juga masih cukup nyaman. Meski memiliki dimensi yang kecil khas Mini, tapi kelapangan bagi pengendara dan penumpang depan masih terjamin, sayangnya kondisi tersebut tidak berlaku untuk penumpang di baris kedua, apalagi bila diisi orang dewasa dengan waktu tempuh yang terlalu lama.

Baca juga: Cuma Enam Unit, Mini Rilis 3-Door Black Edition

Nuansa kabin Mini Cabrio juga masih mengusung ciri khas Mini dengan dominasi desain bulat yang disertai dengan aura sporty. Paling menarik, semua tombol fungsi ditempatkan pada area yang mudah dijangkau oleh pengendara, sehingga membuat kokpit terasa ergonomis.

Mini Driving Experience Mini Driving Experience

Bicara soal performa, bagi mobil mungil rasanya tenaga 136 tk dan torsi sebesar 220 Nm sudah lebih cukup bagi mobil yang dirancang untuk memenuhi unsur gaya hidup. Meski secara sedikit terasa kurang responsif di putaran bawah, tapi untungnya Mini menyertakan pilihan model berkendara sport yang bisa menutupinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com