Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Akui Ada Pergeseran Pasar di Segmen Skutik

Kompas.com - 09/03/2019, 10:02 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar untuk segmen skutik di Indonesia, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir cukup menjadi perbincangan di masyarakat. Apalagi, setelah muncul yang punya kapasitas mesin 150 cc, seperti Yamaha NMAX, dan Honda PCX.

Kedua skutik gambot itu pun langsung menjadi pilihan konsumen di Indonesia. Berdasarkan data penjualan yang dirilis Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) periode Januari-Juni 2018 atau semester I tahun lalu bercatat 199.862 unit untuk NMAX dan 72.411 PCX.

2W Sales & Marketing Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yohan Yahya pun mengatakan bahwa telah terjadi pergeseran tren dan pasar di segmen skutik.

Baca juga: Kalau Impor, Suzuki Indonesia Menolak Jualan Jimny

"Skutik 125 ke bawah sudah agak menurun pasarnya, dan 150 naik, begitu juga dengan 150 ke atas pasarnya ikutan naik," ujar Yohan belum lama ini di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kondisi itu, lanjut Yohan cukup menarik buat Suzuki, karena secara pasar artinya kemampuan masyarakat dalam membeli motor semakin meningkat.

"Apalagi skutik premium, dari tahun ke tahun pasarnya meningkat dan itu cukup menarik buat kami," ucap Yohan.

Penjualan motor Suzuki sendiri sepanjang 2018 tercatat sekitar 89.508 unit atau 1,4 persen dari total penjualan secara nasional, yakni 6.383.111 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com