Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jualan Sienta Menurun, Ini Alasan Toyota

Kompas.com - 06/03/2019, 13:35 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa penjualan Toyota Sienta di Indonesia terus menurun. Sejak awal diluncurkan pada April 2016 hingga sekarang, dari puluhan ribu unit per tahun menjadi ribuan unit saja.

Bahkan jumlah tersebut sudah meleset jauh dari target yang sudah ditetapkan, yaitu 3.500 unit per bulan. Namun, kenyataannya sepanjang tahun lalu saja hanya terjual 5.113 unit.

Anton Jimmy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa apabila melihat performa sejak awal meluncur sudah cukup baik, tetapi seiring berjalannya waktu terjadi kompetisi yang cukup ketat.

"Sisi kompetisi dari kompetitor terjadi sehingga menjadikan pasar dan penjualan Sienta menurun," kata Anton di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019).

Baca juga: Toyota Mengaku Salah Strategi pada Sienta

Menurut Anton, penerimaan masyarakat sejauh ini juga dinilai cukup bagus sehingga MPV dengan konsep pintu geser itu masih tetap dipertahankan. Produksi juga mengikuti permintaan dari pasar, sehingga tidak terjadi penumpukan stok di diler.

"Kalau stoknya banyak kasihan diler, nanti yang ada diskonnya menjadi besar, jadi sekarang ini kita sesuaikan saja dengan permintaan, dan memang pasarnya juga tetap ada," ucap Anton.

Anton mengatakan, sekarang ini penjualan Sienta per bulan berada di level 300 hingga 400 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com