Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa "Start-Stop Engine", Mobilio Sindir Rival Lewat CVT

Kompas.com - 01/03/2019, 07:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dibandingkan para kompetitornya, Honda memang tak banyak memberikan sentuhan baru pada Mobilo. Salah satu fitur yang kerap jadi andalan, adalah start-stop button, namun Honda masih enggan menyematkan fitur tersebut.

Saat menanyakan apakah dalam waktu dekat Honda bakal melengkapi Mobilio dengan fitur tersebut, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, memastikan tidak akan ada penambahan fitur lagi pada Mobilio untuk tahun ini.

"Belum (start stop engine). Tahun ini kan sudah di luncurkan (Mobilio 2019), jadi sudah. Untuk fitur, Mobilio itu datang fiturnya lebih awal. Jadi saat pertama kita luncurkan itu sudah banyak fiturnya," ucap Jonfis kepada media di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (28/2/2019).

Baca juga: Cerita Honda soal Karakter Konsumen LMPV dan Mobilio

Melanjutkan soal fitur, bila memang merupakan hal yang dinggulkan, menurut Jonfis harusnya bersifat eksklusif, bukan yang aksesoris. Dalam arti, fitur-fitur tersebut tidak bisa didapatkan konsumen di pasar aftermarket.

Contohnya seperti continuously variable transmission (CVT) atau eco button, yang notabenya merupakan fitur pengembangan dari pabrikan. Tidak seperti fitur aksesori layakan fog lamp dan lain sebagainya, yang sebenarnya bisa dibeli oleh konsumen di pasar.

Interior baru Honda Mobilio RS 2019 Interior baru Honda Mobilio RS 2019

"Fitur bagi kita itu yang tidak bisa dibeli di market. Seperti CVT yang bisa hemat bahan bakar atau fitur yang bisa menghasilan power besar, fitur seperti itu tidak bisa dibeli di market, jadi buat kita fitur-fitur unggulan seperti itu kita sudah punya banyak," ucap Jonfis.

Seperti diketahui, beberapa kompetitor Mobilio, baik pendatang baru maupun yang baru disegarkan sudah mengusung beragam fitur baru, sebut saja seperti duet Avanza-Xenia, Mitsubishi Xpander, ataupun All New Nissan Livina. Namun demikian, soal transmisi otomatis masih menggunakan model konvensional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com