Perbedaan Konsumsi BBM Xenia 1.3L dan 1.5L

Kompas.com - 16/02/2019, 09:01 WIB
Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadirnya pilihan mesin 2NR-VE Dual VVT-i berkubikasi 1.500 cc, membuat Xenia kini lebih percaya diri menyuplai tenaga bagi pengendaranya. Karena otomatis tenaga yang diproduksi lebih besar dibandingkan mesin 1NR-VE yang memiliki kapasitas 1.300 cc.

Kondisi ini sudah sempat Kompas.com rasakan sendiri ketika menjelajah daerah perbukitan di Sibolga, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu. Dengan tenaga 104 tk dan torsi sebesar 136 Nm, Xenia 1.5L lebih mantap dalam memberikan tenaga ketika diajak menanjak.

Lantas bagimana soal konsumsi bahan bakarnya, apakah ada perbedaan dengan mesin 1.300 cc. Menjawab hal ini, Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, menjelaskan bila dengan kubikasi yang besar sudah tentu ada perbedaan, namun skalanya tidak begitu jauh.

Baca juga: Menakar Beda Biaya Perawatan Xenia 1.3L dan 1.5L

"Kalau kita bicara soal konsumsi bahan bakar itu ada banyak faktornya, tergantung dari kondisi. Kalau dalam kota, 1.3L pasti lebih efisien, tapi kalau luar kota 1.5L lebih baik. Karena dengan penggunaan jarak jauh pergi ke luar kota, kecepatan kendaraan akan lebih konstan," kata Bambang di Sibolga beberapa hari lalu.

Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara
Bambang menjelaskan dari beberapa riset yang dilakukan, untuk pengendaraan jarak jauh konsumsi bahan bakar Xenia 1.5L sekitar 15 sampai 16 kpl. Sementara di dalam kota rata-ratanya 10 sampai 11 kpl, sedikit lebih boros apalagi saat dihadapi kondisi stop n go.

Sementara untuk varian 1.3L, diklaim Bambang lebih boros ketika digunakan perjalan jarak jauh dengan kisaran antara sembilan sampai 10 kpl. Hal ini dikarena suplai tenaga tidak sebesar 1.5L, yang membuat putaran atasnya terkesan berat.

"Kalau berpergian ke luar kota itu jarang ada yang jalan pelan, rata mobil lari cukup kencang di jalan tol. Nah untuk Xenia 1.3L akan susah, ketika butuh tenaga yang besar 1.5L lebih baik karena putaran tenaganya akan lebih cepat," kata Bambang.

Baca juga: Baru Meluncur, Daihatsu Kasih Diskon Xenia Rp 12 Juta

Tidak hanya itu, cara berkendara dan pilihan jenis bahan bakar diklaim Bambang juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi efisiensi bahan bakar dari sebuah kendaraan. Karena semakin bagus kualitas bahan bakar, akan membuat pembakaran makin sempurna.

Sementara saat hari pertama menjajal Xenia 1.5L berpetualang di perbukitan Sibolga, rata-rata bahan bakar Xenia yang redaksi bawa secara kombinasi dengan empat rekan lainnya sekitar 11,4 kpl. Kondisi tersebut didapat dengan menggunakan unit transmisi otomatis dan berjalan dengan kondisi pendingin udara yang terus menyala.




Close Ads X