Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inden Xenia Sampai 2 Bulan, Daihatsu Anggap Masih Normal

Kompas.com - 14/02/2019, 11:14 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum ada satu bulan, Daihatsu sudah mengantongi pemesanan Xenia baru sebanyak 3.726 unit dari beragam varian yang ditawarkan. Jumlah tersebut sudah melebih target 3.000 unit yang saat awal ditetapkan.

Banjirnya pemesanan Xenia membuat calon konsumen harus sidikit bersabar. Menurut Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, inden Xenia baru saat ini sekitar dua bulanan.

"Suplai sama dengan target sales kita, yakni 3.000 unit. Untuk inden masih normal antara satu setengah bulan sampai dua bulanan, itu tergantung dari daerahnya, ada yang bisa lebih cepat," ucap Hendrayadi kepada wartawan di Sibolga, Sumatera Utara, Rabu (13/2/2019).

Baca juga: Daihatsu Belum Lirik CVT

Terjadinya inden disebabkan karena demand dan suplai yang belum stabil. Selain itu juga akibat adanya beberapa faktor eksternal, seperti penyesuaian biaya balik nama (BBN) mengingat Xenia baru diluncurkan saat awal 2019.

Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara
Bila dibandingkan dengan masa tunggu saat peluncuran Terios baru beberapa waktu lalu yang mencapai berbulan-bulan, Hendrayadi menilai inden pada Xenia sekarang ini masih sangat normal. Dia pun menilai konsumen sangat mengerti dengan proses seperti ini.

"Cenderung lama karena ada penyesuaian BBN. Samsat di daerah menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) juga, itu risikonya. Kalau melihat Terios waktu itu yang sampai tiga bulan lebih sampai kita buatkan program agar konsumen tetap terjaga, inden Xenia sekarang masih wajar," ucap Hendrayadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com