Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Berlibur, Cek Kondisi Kampas Rem Mobil

Kompas.com - 26/12/2018, 14:02 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang belum berangkat liburan menggunakan mobil pribadi, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dulu. Paling utama, cek kondisi kampas rem karena memilik peran penting untuk memperlambat laju kendaraan dengan sempurna.

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat menjelaskan, musim hujan seperti sekarang ini peran kampas rem begitu penting. Oleh sebab itu, perlu dicek dan ketahui ciri piringan yang sudah mulai habis dan harus diganti.

Menurut Sapta, paling utama akan timbul bunyi gesekan ketika mobil di rem. Selain itu, gejala lainnya seperti daya pengereman berkurang dan terasa lebih dalam ketika menginjak pedal rem.

Faktor lain, terkadang kampas rem tersebut muncul getar ketika pengemudi menginjak pedal rem.

Baca juga: Pastikan Kondisi Kendaraan Anda Tetap Prima Sebelum Berlibur

"Jika sudah seperti itu otomatis akan mempengaruhi sistem pengereman, karena material penghambat daya putar disc semakin menipis," kata Sapta kepada Kompas.com belum lama ini.

Dampak buruk telat mengganti kampas remnovajourney.wordpress.com Dampak buruk telat mengganti kampas rem

Selain itu, lanjut Sapta secara fisik juga bisa dilihat dari ketebalan kampas rem tersebut. Paling mudah, apabila sudah tipis, maka sebaiknya langsung diganti saja dengan yang baru untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama di jalan raya.

"Jangan menunggu sampai bergelombang, nanti ketika menginjak pedal rem akan terasa bergetar, dan itu jelas sudah harus diganti," kata dia.

Jadi, buat Anda yang ingin berlibur sebaiknya perhatikan dulu kondisi kampas rem mobil. Jangan sampai mengabaikan hal tersebut, karena keamanan dan keselamatan menjadi taruhannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com