Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Lakukan Ini Sebelum Berlibur Pakai Mobil Pribadi

Kompas.com - 09/12/2018, 13:02 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim libur akhir tahun sudah tiba. Momen ini biasanya banyak dimanfaatkan oleh keluarga untuk berlibur ke luar kota, selain menggunakan transportasi umum, banyak juga yang memakai mobil pribadi.

Perlu diketahui, sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya pemilik wajib mengecek kondisi mobil. Tujuan utama, agar selama di perjalanan tidak mengalami hal yang tidak diinginkan, seperti mogok dan lain sebagainya.

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, wajib hukumnya melakukan pengecekan apabila pemilik mobil tersebut jarang melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Tetapi, jika rutin maka tidak masalah.

"Kalau sering melakukan servis berkala, berarti pengecekan komponen seperti ganti oli, tune-up dan lain sebagainya terpantau," kata Sapta kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Masalah yang Kerap Terjadi saat Mobil Dipakai Berlibur

Sapta melanjutkan, itulah fungsi utama dari rutin melakukan servis. Apabila mendadak akan digunakan jalan jauh, bisa langsung pergi, tanpa harus datang ke bengkel dulu untuk melakukan pengecekan.

ilustrasi mobil berturbo di bengkel R Speed.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI ilustrasi mobil berturbo di bengkel R Speed.

"Selama mobil dilakukan perawatan rutun dengan servis berkala setiap enam bulan sekali, tentunya siap digunakan untuk perjalanan jauh," ujar Sapta.

Namun, yang perlu dilakukan yaitu setelah pulang dari perjalanan itu wajib datang ke bengkel untuk melakukan pengecekan komponen, agar terpantau masih dalam kondisi normal atau tidak.

"Ini perlu apabila dirasakan ada beberapa bagian yang perlu dilakukan pengecekan, seperti kaki-kaki, absorber dan sebagainya, untuk membuat kondisi kendaraan kembali prima," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com