Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak "Zaman Now" Kurang Tertarik Beli Mobil Bekas

Kompas.com - 19/12/2018, 08:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara tren, konsumen mobil bekas (mobkas) yang diamati oleh mobil88 terjadi pergeseran dalam beberapa tahun terakhir. Satu hingga dua tahun ke belakang, pembeli dari kalangan milenial atau anak "zaman now" masih tertarik membeli mobkas, tetapi sekarang situasi sudah beralih.

Menurut penjelasan Halomoan Fischer Lumbantouran, Presiden Direktur mobil88, sekarang ini konsumen tersebut cenderung lebih memilih berlibur ke luar negeri daripada membeli mobkas.

"Punya uang Rp 20 juta dulu dijadikan uang muka beli mobkas, sekarang dipakai buat beli tiket pesawat jalan-jalan ke luar negeri," ucap Fischer ketika berbincang dengan Kompas.com di kawasan Wijaya, Jakarta Selatan, Selasa (18/12/2018).

Baca juga: Mobil88 Tak Kecipratan Taksi Online

Konsumen mobkas di mobil88 sendiri, lanjut Fischer didominasi yang beli kredit ketimbang tunai, otomatis banyak yang memanfaatkan juga program uang muka atau cicilan ringan. Kaum milenial pun ikut berkontribusi, tetapi sekarang secara persentase menurun cukup signifikan.

-- -

"Kalau sekarang bukan milenial lagi, lebih kepada keluarga muda atau di atasnya lagi yang memang membutuhkan mobil untuk beraktivitas," kata Fischer.

Harga mobil yang laris dalam beberapa tahun terakhir, kata Fischer berada direntan Rp 80 jutaan hingga Rp 150 jutaan. Model populer seperti mobil kota (city car), hingga hatchback.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com