Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Civic Type R, Raih Rekor Kecepatan Baru

Kompas.com - 17/05/2018, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Magny-Cours, KOMPAS.com –  Setelah mencatatkan rekor di Sirkuit Nürburgring, Jerman, sebagai mobil penggerak roda depan tercepat, kali ini Honda Civic Type R memecahkan rekor kecepatan baru di Sirkuit Magny-Cours GP, Perancis.

Berhasil memperoleh lap time 2 menit 1,51 detik, ini merupakan rangkai dari “Type R Challenge 2018”. Jadi selanjutnya, tim Honda Racing akan berusaha untuk memecahkan rekor kecepatan mobil berpenggerak roda depan, di lima sirkuit ternama di Eropa.

Di sirkuit Magny-Cours, Civic Type R dikendarai dalam kondisi standar oleh Esteban Guerrieri, pebalap WTCR yang juga berlaga di FIA World Touring Car Cup 2018. Civic Type R melaju di sirkuit Magny-Cours GP sejauh 4,4 km, dengan beragam kontur jalan.

 “Hal terbaik adalah Civic Type R mampu memberikan saya rasa percaya diri. Mobil ini sangat responsif dan memiliki handling yang maksimal. Orang-orang menyebut Civic Type R sebagai mobil hatchback dengan performa mumpuni, dan kami telah membuktikan hal itu benar,” ujar Guerreri dalam siaran resminya, Rabu (16/5/2018).

Baca juga: Dibanderol Rp 1 Miliar, Pilih Gold Wing atau Civic Type R?

Esteban Guerrieri, pebalap WTCR yang mengemudikan Honda Civic Type R melibas sirkuit Magny-Cours GP, Perancis.ISTIMEWA Esteban Guerrieri, pebalap WTCR yang mengemudikan Honda Civic Type R melibas sirkuit Magny-Cours GP, Perancis.

Pengemudi Type R Challenge 2018 berikutnya adalah Jenson Button, pebalap asal Inggris yang juga pernah menjadi juara Formula 1 World Champion dan kini menjadi driver NSX Super GT.

Selain itu, pembalap lainnya yang turut berpartisipasi yakni pebalap WTCR Tiago Monteiro dari Portugal, bintang NSX Super GT Bertrand Baguette dari Belgia, dan bintang BTCC Matt Neal dari Inggris.

Civic Type R menggunakan mesin 2.0L VTEC TURBO, menghasilkan tenaga 320 PS dan torsi 400 Nm. Menggunakan +R mode, Adaptive Damper System pada Type R, membuat pengendaraan lebih responsif, stabil dan lincah untuk performa yang lebih maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com