Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangsa Pasar Toyota Mulai Merangkak Naik

Kompas.com - 25/10/2018, 08:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis hasil penjualan berdasarkan data wholesales untuk September 2018. Bulan lalu pengiriman unit dari pabrik ke diler tercatat mencapai 29.821 unit.

Pencapaian itu juga sekaligus menjadikan pangsa pasar Toyota diklaim naik menjadi 32 persen, dari bulan sebelumnya hanya sekitar 30,5 persen saja.

"Kami bersyukur pangsa pasar Toyota di bulan September ini meningkat. Meskipun dalam dua bulan terakhir ini, konsumen terlihat lebih memperkuat pengeluarannya, termasuk pembelian kendaraan," kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto dalam siaran resmi, Kamis (25/10/2018).

Pertumbuhan pangsa pasar itu berkat penjualan dari segmen Hatchback, Multi Purpose Vehicle/MPV, dan Sport Utility Vehicle/SUV meningkat.

Baca juga: Begini Wujud Toyota Avanza Generasi Terbaru?

Lebih lengkap, segmen hatchback, total penjualan pada September 2018 mencapai 2.789 unit. Kontribusi terbesar berasal dari penjualan Agya yang mencapai 2.437 unit, atau berkontribusi sekitar 87,4% dari total penjualan hatchback Toyota.

"Di segmen entry hatchback kelas 1.200 cc, market share Agya mencapai lebih dari 61%. Ini menunjukkan minat pelanggan terhadap Agya masih sangat besar, khususnya di segmen 1.200 cc,” ujar Soeryo.

Sementara total penjualan segmen MPV pada bulan lalu mencapai 17.767 unit, sehingga semakin memperkuat posisi Toyota sebagai pemimpin pasar dengan pangsa pasar naik menjadi 46,1 persen dibanding bulan sebelumnya 43,63 persen.

Toyota Innova generasi kedua yang hadir dengan beragam ubahanKompasOtomotif Toyota Innova generasi kedua yang hadir dengan beragam ubahan

Penyumbang terbesar berasal dari penjualan Avanza yang mencapai 6.151 unit atau berkontribusi sekitar 34,6 persen dari total MPV, disusul dengan Kijang Innova dengan pencapaian 29,1 persen.

Selanjutnya segmen SUV, penjualan pada September tercatat 7.929 unit. Dua andalan di segmen ini, yaitu Rush dan Fortuner berhasil meraih kinerja bagus pada bulan lalu.

Penjualan Rush pada September mencapai 5.797 unit dan membukukan pangsa pasar 44,8%. Segmen high SUV, yakni Fortuner juga mengalami pertumbuhan pangsa.

Hasil penjualan Fortuner bulan lalu tembus 2.093 unit, dengan pangsa pasar mencapai 42,6%, atau meningkat dibandingkan bulan sebelumnya 37,4%.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com