Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merawat Jok Material Kulit Lebih Mudah Dibanding Fabric

Kompas.com - 23/10/2018, 17:31 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil keluaran terbaru masih banyak yang joknya menggunakan material fabric. Jika dibandingkan dengan bahan kulit atau sintetis, tentunya lapisan fabric perawatannya lebih sulit.

Menurut Edy, pengamat sekaligus punggawa interior dari Vertue Concept, apabila dibersihkan seperti diperlakukan sama ketika membersihkan jok kulit, maka banyak kotoran yang akan terserap.

"Sebagai contoh dibersihakan menggunakan sabun bayi, itu kotorannya yang akan menyerap, bukan menjadi bersih malah menimbulkan bercak," ucap Edy saat berbincang dengan Kompas.com belum lama ini di Sunter, Jakarta Utara.

Baca juga: Ini Akibat Fatal Bonceng Anak di Jok Depan Motor

Edy melanjutkan, sebaiknya pemilik mobil tersebut juga memperlakukan dengan apik. Misal, tidak merokok di dalam mobil yang bisa menyebabkan kotoran atau debu dari luar masuk ke dalam, hingga tidak makan-minum di kabin.

Jok Kulit di GIIAS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Jok Kulit di GIIAS 2018

"Kalau paling benar, harus dibuka kemudian dicuci seperti di laundry, lalu di pasang lagi. Itu yang paling benar bisa dilakukan, kalau dibersihkan seperti biasa saja sangat sulit," kata Edy.

Edy menyarankan, jika punya biaya lebih ada baiknya diganti dengan jok dengan material kulit atau sintetis, karena dari segi perawatan lebih murah, dan tentunya tahan lama ketimbang bahan fabric.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com