Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membersihkan dan Merawat Jok Kulit dengan Biaya Murah

Kompas.com - 08/04/2018, 10:08 WIB
Aditya Maulana,
Aris F Harvenda

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Cara merawat jok kulit pada mobil, ternyata tidak serumit seperti yang dibayangkan. Anda cukup menggunakan sabun bayi dan busa, kemudian langsung menggosok ke permukaan jok.

Menurut Edy, pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept, hal itu bisa dilakukan setiap satu atau dua pekan sekali. Sabun bayi itu memiliki kandungan lebih rendah ketimbang cairan khusus pembersih jok.

"Jadi kalau kita pakai sabun bayi batangan, diiris lalu ditambah air dan diblender. Cairan tersebut bisa langsung digunakan untuk merawat jok kulit," kata Edy saat ditemui KOMPAS.com di Sunter, Jakarta Utara belum lama ini.

Edy melanjutkan, perawatan seperti itu mampu menambah daya tahan kulit menjadi lebih lama.

Baca juga: OtoLive : Cara Benar Merawat dan Membersihkan Jok Kulit

"Kalau dari awal selalu merawat, otomatis tidak perlu lagi proses membersihkan secara insentif yang menghabiskan biaya besar. Sebab langkah itu sudah termasuk menjaga keawetan dan kebersihan," ujar Edy.

Selain itu, dengan menggunakan sabun bayi permukaan kulit juga tidak terlihat mengilap, beda jika menggunakan cairan pembersih lainnya.

"Karena kulit asli itu lebih bagus tidak mengilap, kebanyakan orang juga memang suka seperti itu, dan paling penting umurnya bisa lebih lama lagi," kata Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com