Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez "Hattrick" Raih Juara Dunia MotoGP

Kompas.com - 21/10/2018, 13:30 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez menyudahi pertarungan dan keluar sebagai juara dunia di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu (21/10/2018). Kemenangan ini menjadi yang ketiga kali berturut-turut sejak dia juara dunia pada 2016 lalu.

Meski saat babak kualifikasi Marquez sempat tidak percaya diri karena berada di urutan keenam, namun nyatanya The Baby Alien ini sanggup menang dengan telak. Sambutan hangat dari tim dan para penggemarnya pun langsung meriuhkan suasana.

Bermodalkan keunggulan 77 poin sebelum balapan dari Andrea Dovizioso yang menjadi rival utamanya, Marquez langsung menyempurnakan poin penuh memegang mahkota juara dunia.

Baca juga: Hasil MotoGP: Marquez Juara Dunia 2018

Perjalanan Marquez meraih gelar sudah dimulai saat sesi musim 2018 dibuka. Dari lima sesi awal, pebalap Spanyol ini hanya satu kali gagal mendapatkan poin. Namun hal itu dibalasnya dengan tiga kemenangan berturut-turut saat sesi musim 2018 masih menyisahkan 14 seri.

Sejumlah masalah pun dihadapi Marquez sepanjang 2018, kasus pertama saat dia dihukum pinalti karena menjatuhan Valentino Rossi saat bertarung di MotoGP Argentina, sementara yang cukup mendapat banyak perhatian adalah kasus Marquez dengan calon rekan satu timnya, Jorge Lorenzo.


Sembilan seri berjalan di musim 2018, Marquez sudah mengantongi modal 165 poin yang diraihnya dari tujuh podium utama. Terakir, saat laga memasuki benua Asia, tepatnya di Sirkuit Buriram, Thailand Marquez dengan telah menciptakan perbedaan poin yang cukup jauh dengan Dovizioso.

Cita-cita untuk menyudahi perlawanannya pun terwujud saat bertarung di Kandang Honda, Jepang. Marquez yang yang berangkat dari posisi keenam langsung menyalip diurutan kedua menempel Dovi. Tersisa dua putaran, Dovi terjatuh dan menjadi pintu masuk besar bagi Marquez menuju kemenangan di 2018.

Catatan Marquez di musim 2018

1. 8 kali juara seri
2. 4 kali runner up
3. 1 kali posisi tiga
4. 1 kali posisi 18 di Argentina
5. 1 kali posisi 16 di Italia, Mugello

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com