Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubahan Honda Brio Baru untuk Mematahkan Mobil Murah Daihatsu

Kompas.com - 18/10/2018, 09:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Generasi baru Brio masih jadi andalan Honda untuk mengarungi pasar otomotif nasional. City car yang juga dipasarkan di segmen mobil murah (LCGC) ini memang menjadi model terlaris Honda, sepanjang 2018.

Dalam proses pengembanangya, Large Project Leader All New Honda Brio, Honda R&D Asia Pacific Company Ltd Tsutomu Harano, menjelaskannya kepada Kompas.com. Dia mengungkapkan, meski diketahui terdapat penambahan pada ukuran sumbu roda yang memanjang posisi Brio tidak berubah mendekati sang kakak, Honda Jazz.

"All New Brio menggantikan Brio yang lama. Posisinya ada di bawah Jazz dan memang dulu tujuannya kecil, ringkas. Brio baru ini berubah dengan memperbesar ukuran bagasi sehingga bisa bersaing dengan Ayla yang bagasinya tidak terlalu besar," ucap Harano saat ditemui di sela kegiatan test drive All New Brio, Rabu (17/10/2018).

Harano melanjutkan, secara garis besar, Honda sudah memulai untuk memperbarui Brio, tiga tahun lalu. Ini termasuk riset tentang beberapa ubahan yang diperlukan untuk membuat mobil kompak ini menjadi lebih baik.

Dari riset tersebut didapati hasil beberapa hal yang ingin diubah konsumen. Salah satunya adalah memperluas kabin Brio.

Baca juga: Honda Goda Konsumen dengan Harga Jual Kembali Brio

"Jadi kami sesuaikan sama konsumen Indonesia, mobil seperti apa yang diinginkan. Ini saya rasa juga dilakukan oleh kompetitor," ungkap Harano.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan permintaan konsumen terbesar memang untuk memperluas kabin.

"Sisanya sudah oke. Sebabnya konsumen Brio tidak hanya di Jakarta, tapi luar daerah. Jakarta 35 persen sisanya luar daerah," ucap Jonfis di waktu yang sama.

All New Brio dibanderol mulai Rp 139 juta sampai Rp 190 juta on the road Jakarta dan sekitarnya. Mobil ini ditawarkan dalam tujuh pilihan warna yakni Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Rallye Red dan Carnival Yellow yang tersedia pertama kalinya untuk Honda di kawasan Asia dan Oceania.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com