Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vespa Unik, Tak Punya Mesin tapi Bisa Jalan

Kompas.com - 24/09/2018, 10:44 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Deretan sepeda mirip Vespa ikut meramaikan gelaran Indonesia Scooter Festival (ISF) 2018 di Yogyakarta pada 22-23 September kemarin. Sepeda-sepeda tersebut merupakan hasil karya Yualiadi, seorang warga Bandung.

Pria yang akrab disapa Adi ini menjelaskan, meski keseluruhan bagian bodinya berbahan pelat, tapi "Vespa" buatannya itu tak punya mesin. Jadi cara menjalankan sama seperti sepeda pada umumnya, yakni harus digowes.

"Jadi itu kemarin ada yang pesan, terus saya bawa ke Yogya. Sama yang punya diminta agar sekalian dipajang," kata Adi kepada Kompas.com, Senin (24/9/2018).

Baca juga: Niat Ramaikan ISF, Vespa-vespa Ini Malah Terendam Air

Deretan sepeda mirip Vespa buatan Yuliadi yang ikut meramaikan gelaran Indonesia Scooter Festival (ISF) 2018 di Yogyakarta pada 22-23 September.Instagram/adhisalero Deretan sepeda mirip Vespa buatan Yuliadi yang ikut meramaikan gelaran Indonesia Scooter Festival (ISF) 2018 di Yogyakarta pada 22-23 September.

Adi mengatakan sudah sekitar lima tahun menjalankan bisnis pembuatan sepeda vespa-nya itu. Tiap unit biasanya dibanderol dengan harga Rp 8 juta.

Menurut Adi, kebanyakan pembelinya adalah para orang tua yang membelikan untuk anaknya. Calon konsumennya sebenarnya juga bisa memesan sepeda vespa yang dilengkapi mesin. Namun harganya jadi naik menjadi sekitar Rp 15 juta.

Baca juga: Vespa Matik Rasa Klasik ala Dua Sahabat

"Mesinnya khusus untuk mini motor yang cc-nya kecil," ujar pria yang juga penggemar Vespa itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com