Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Niat Ramaikan ISF, Vespa-vespa Ini Malah Terendam Air

Kompas.com - 21/09/2018, 11:02 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasib apes dialami Wildan Faqih dan kedua rekannya. Niat datang ke Yogyakarta untuk meramaikan gelaran Indonesia Scooter Festival (ISF) 2018, ketiga Vespa yang mereka bawa dari Bandung malah terendam genangan air di garasi rumah yang berlokasi di Jalan Glagahsari, Yogyakarta pada Kamis (20/9/2018).

Menurut Wildan, kejadian itu bermula saat ia dan teman-temannya itu tertidur pulas di tengah hujan deras. Sementara itu, ketiga Vespa mereka, masing-masing PX, Exclusive, dan Strada terparkir di garasi.

Kondisi lantai garasi tempat Wildan memarkirkan motor lebih rendah dari permukaan jalan. Alhasil selang beberapa jam setelah hujan deras tanpa henti, air langsung meluap dan merendam ketiga Vespa yang terparkir di garasi.

Baca juga: Putra Jokowi Ajak Anak Vespa Datang ke Jogja

Ketinggian genangan air diperkirakan melebihi 30 centimeter alias merendam hampir setengah bodi Vespa, termasuk permukaan blok mesin. Mencegah kerusakan, Wildan dan teman-teman langsung mendorong motor-motornya ke tempat aman.

Ilustrasi perbaikan Vespa di bengkel Vespa, Jalan Margonda, Depok pada Jumat (29/12/2017)KompasOtomotif/Alsadad Rudi Ilustrasi perbaikan Vespa di bengkel Vespa, Jalan Margonda, Depok pada Jumat (29/12/2017)

Untuk mengeluarkan air yang masuk, baut-baut pada mesin langsung dicopot. Guna memastikan air benar-benar habis, blok mesin juga sempat disemprot dengan kompresor. Setelah melalui beberapa tahapan penanganan teknis, ketiga Vespa tersebut akhirnya bisa dihidupkan dan digunakan kembali.

"Oli lamanya langsung dikuras. Setelah disemprot kompresor, dimasukan oli baru. Setelah itu kembali normal," ujar anggota klub Vespa Small Frame Bandung itu saat dihubungi, Jumat (21/9/2018).

Baca juga: Datang ke ISF 2018 Bisa Bawa Pulang Skuter Perancis

Gelaran ISF 2018 akan berlangsung pada 22-23 September 2018. Karena ketiga Vespa yang terendam air sudah diperbaiki, Wildan dan kedua temannya pun tetap bisa mengikuti salah satu hajatan antar komunitas skuter terbesar di Indonesia itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com