Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Belia Gantikan Posisi Raikkonen di Ferrari

Kompas.com - 12/09/2018, 11:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber autocar


JAKARTA, KOMPAS.com - Berita mengejutkan datang kompetisi Formula1. Tim Ferrari mengumumkan pebalap terbaru mereka untuk musim 2019 yakni Charles Leclerc (20) dari Sauber untuk menggantikan posisi Kimi Raikkonen (38).

Leclerc sendiri memenangi gelaran GP2 pada 2017 silam. Pada 2018 ia dikontrak Sauber dan saat ini sudah mengumpulkan lima poin termasuk enam poin saat GP Azerbaijan.

Raikkonen sendiri akan pindah ke tim Sauber untuk berkompetisi musim depan dan dikontrak selama dua tahun. Ini artinya pebalap Finlandia tersebut akan bernostalgia dengan tim yang dihuninya saat memulai karir balapan F1 di 2001.

"Menjadikan Raikkonen pebalap kami adalah pilar penting bagi proyek yang tengah kami jalankan. Ini membuat kami mendekati target untuk membuat langkah yang signifikan sebagai tim di masa depan," ungkap pemimpin tim Sauber, Frederic Vasseur dikutip dari Autocar.co.uk, Rabu (12/9/2018).

Baca juga: Bahagianya Marquez Bisa Jajal Mobil Balap F1

Bagi Vasseur, Raikkonen memiliki talenta dan pengalaman di F1 serta untuk pengembangan kendaraan Sauber di masa depan. Ia juga mampu untuk mengembangkan tim secara keseluruhan.

Raikkonen menjadi pebalap Ferrari pada 2007 silam dan langsung meraih gelar juara dunia. Ia sempat pensiun pada 2009 dan kembali ke F1 pada 2012 bersama Lotus kemudian kembali ke Ferrari 2014. Ia menjadi rekan satu tim Sebastian Vettel namun tidak dapat memeroleh kemenangan sejak 2013.

Perubahan Ferrari ini membuat tim Mercedes yang tidak melakukan perubahan untuk 2019 dengan mempertahankan Lewis Hamilton dan Valterri Bottas. Sampai saat ini line up pebalap F1 untuk 2019 yang sudah pasti adalah:

Mercedes-Benz : Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas
Ferrari : Sebastian Vettel dan Charles Leclerc
Red Bull : Max Verstappen dan Pierre Gasly
Renault : Daniel Ricciardo dan Nico Hulkenberg
McLaren : Lando Norris dan Carlos Sainz

Masih ada Racing Point Force India, Haas, Torro Rosso, Sauber dan Williams yang belum mengkonfirmasi keseluruhan pebalapnya untuk berlaga di 2019. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber autocar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com