Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiger Ala-ala CB100 Dilan, Murah Meriah

Kompas.com - 03/09/2018, 14:24 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Bengkel modifikasi Central Classic Custom di Depok, belum lama ini melakukan ubahan pada Honda Tiger 2004. Gaya yang dipilih adalah motor lawas, CB-100 dengan kelir yang menyerupai motor yang dikendarai di film Dilan 1990.

Menurut pemilik bengkel, Nolavander, ubahan ini tergolong sederhana. Karena hanya mengganti beberapa bagian asli bawaan Tiger.

"Untuk suspensi depan, shock breaker, dan swing arm semua masih asli Tiger. Cuma swing arm kita potong bagian tengahnya sedikit supaya tidak terlalu panjang," kata Nola kepada Kompas.com, Senin (3/9/2018).

Untuk bagian pengganti, Nola menyebut sebagian menggunakan produk custom bergaya CB buatan bengkelnya. Sedangkan sebagian lagi produk aftermarket.

Baca juga: Naik Honda CB, Marquez Beli Bakso Malang di Kemayoran

Modifikasi Honda Tiger bergaya CB-100 seperti yang dipakai tokoh Dilan di film DIlan 1990.Central Classic Custom Modifikasi Honda Tiger bergaya CB-100 seperti yang dipakai tokoh Dilan di film DIlan 1990.

Produk custom bergaya CB yang dipasang meliputi tangki, jok, knalpot, serta spatbor depan dan belakang. Sementara itu, pemasangan produk aftermarket meliputi lampu depan, lampu belakang, sein, speedometer, spion dan setang.

Menurut Nola, pemasangan seluruh lampu, setang, spion, dan speedometer aftermarket bertujuan untuk memadukan nuansa jadul dengan gaya modifikasi masa kini. Untuk biaya, Nola menyebut keseluruhannya mencapai sekitar Rp 6 jutaan.

Baca juga: Konsep Honda CB Tipe Kedua Diperkenalkan

"Kita bikin tidak kayak jadul banget. Tetap ada nuansa modern. Jadi lampu tidak pakai lampu aslinya CB. Tapi lampu kekinian yang ukurannya lebih kecil," ucap Nola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com