Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MItsubishi Enggan Bersuara Soal Ekspor Xpander ke India

Kompas.com - 29/08/2018, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mitsubishi India dari pemberitaan media lokal di tanah Bollywood, santer bakal memperkenalkan model baru MPV Xpander. Namun soal waktunya sendiri masih belum ada kabar kelanjutan.

Ada dua kemungkinannya, di mana Xpander bakal diproduksi lokal di India dengan memanfaatkan fasilitas aliansi Renault-Nissan. Demi mengejar harga kompetitif, kedua merek akan melakukan impor seperti negara lain.

Namun sejauh ini, semua versi Xpander yang diekspor masih datang dari pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Mengonfirmasi langsung kepada pihak MMKI yang diwakili Prianto, HR & GA Director, dirinya mau menginformasikan apa-apa terkait dengan ekspor ke India.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Mau Diproduksi Lokal di India?

Mitsubishi Xpander diproyeksikan masuk ke ranah fleet oleh MMKSI untuk bersaing dengan Innova.MMKSI Mitsubishi Xpander diproyeksikan masuk ke ranah fleet oleh MMKSI untuk bersaing dengan Innova.

“Xpander diterima baik tak hanya di Indonesia, tapi di negara lain. Kami akan terus meningkatkan produksi yang berbasis di pabrik ini. Kami mempertimbangkan tujuan ekspor berdasarkan permintaan dari masing-masing negara,” ujar Prianto lewat surat elektronik yang dikirim kepada KOMPAS.com, Selasa (29/8/2018).

Prianto menambahkan, negara yang sudah confirm saat ini yaitu Filipina, Thailand, Vietnam, dan negara-negara ASEAN lain. Namun Prianto tak menyebutkan wilayah Asia lain (termasuk India), di mana pada rencana ekspor pertama, wilayah tersebut tercantum dalam rencana.

“Kami juga mempertimbangkan untuk melakukan ekspor ke negara-negara Amerika Tengah dan Timur Tengah. Jumlah unit yang akan diekspor tergantung pada permintaan dari masing-masing negara,” tutur Prianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com