Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Antara Mesin Ertiga dengan Jimny Sierra

Kompas.com - 28/08/2018, 15:42 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Ertiga generasi keedua menggunakan tipe mesin baru, yaitu K15B. Jantung pacu tersebut ternyata sama seperti yang digunakan oleh Jimny Sierra, dengan kapasitas 1.5-liter.

Menurut Head of 4W Product Development & Accessories PT SIS Yulius Purwanto, secara keseluruhan selama menggunakan tipe mesin serupa, maka tidak ada perbedaan signifikan antara yang dipakai All New Ertiga dan Jimny Sierra.

"Jadi secara keseluruhan benar-benar sama, kecuali soal Euro. Kalau yang Ertiga Euro IV, sedangkan Jimny Siera karena diproduksi di Jepang sudah Euro VI," ujar Yulius ketika berbincang dengan Kompas.com belum lama ini di BSD, Tangerang.

Baca juga: Menerka Harga Suzuki Jimny

Secara umum, lanjut Yulius perbedaan standar emisi itu bisa diatur pada bagian mesin. Tergantung menyesuaikan dengan regulasi dari masing-masing kebijakan dari setiap negara.

Lauching All New Ertiga 2018 di IIMS 2018, Kamis (19/4/2018)Kompas.com / Setyo Adi Lauching All New Ertiga 2018 di IIMS 2018, Kamis (19/4/2018)

"Selama itu seri mesinnya masih sama, maka semuanya akan sama karena punya blue print yang sama dan diawasi oleh quality control yang sama, jadi secara keseluruhan sama saja," kata Yulius.

Perbedaan signifikan mungkin hanya pada lokasi perakitan. Ertiga generasi kedua yang dipasarkan di Indonesia mesinnya sudah dirakit lokal, sedangkan Jimny Sierra berasal dari negara aslinya, yaitu Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com